CONTOH ABSTRAK SKRIPSI PTK TUGAS AKHIR

Cara Membuat Abstrak Yang Baik dan Benar - Abstrak adalah representasi dari isi dokumen yang singkat dan tepat dan contoh abstrak biasanya mendeskripsikan suatu penelitian secara singkat dan sistematika yang dimulai dari nama peneliti, nomor pokok/induk mahasiswa jika si peneliti seorang mahasiswa, judul penelitian, rumusan masalah, teori-teori, metode penelitian, variabel, sumber data, hasil pengujian, dan simpulan dari hasil penelitian tersebut, terus abstrak juga merupakan bentuk ringkas dari isi suatu dokumen yang terdiri atas bagian-bagian penting dari suatu tulisan, dan mendeskripsikan isi dan cakupan dari tulisan. Abstrak atau abstraksi pada penelitian adalah suatu gambaran atau bayangan yang menceritakan tentang alur dari suatu penelitian yang ditulis oleh peneliti agar para pembaca dapat memahami secara singkat inti dari penelitian tersebut.

Manfaat Abstrak diantaranya adalah memudahkan para pembaca untuk mendapatkan informasi terbaru tentang suatu bidang yang diminati, tanpa harus membaca seluruh isi dokumen bisa menghemat waktu pembaca, hingga bisa menyimpulkan melanjutkan membaca atau tidak, menghindari terjadi duplikasi tulisan.
 

CONTOH ABSTRAK SKRIPSI PTK TUGAS AKHIR
Contoh Abstrak Skripsi Penelitian Tindakan Kelas

ABSTRAK 
Penggunaan Media Komik untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa pada Pembelajaran IPA (Penelitian Tindakan Kelas dengan Tema Lingkungan di Kelas III SD Negeri Dadaha 1 Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya)
Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Program Sarjana
Universitas Pendidikan Indonesia
Kampus Tasikmalaya
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya sikap ilmiah siswa pada pembelajaran IPA di SD Negeri Dadaha 1 Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Siswa tidak dibiasakan untuk berani mengajukan pertanyaan atau mengemukakan pendapat selama kegiatan pembelajaran, hal ini terjadi karena suasana pembelajaran sering membuat siswa merasa jenuh. Oleh karena itu, guru berupaya menggunakan komik sebagai media pembelajaran agar tercipta suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini yaitu ingin memperoleh data tentang persiapan guru merancang rencana pembelajaran, mengelola proses pembelajaran, peningkatan sikap ilmiah siswa serta faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran menggunakan media komik untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa pada pembelajaran IPA di Kelas III SD Negeri Dadaha 1 Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas menggunakan model penelitian adaptasi dari Elliot. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, satu siklus dilaksanakan sebanyak dua kali tindakan penelitian. Subjek penelitian adalah kelas IIIA sebanyak 22 orang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan, dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2008-2009 antara bulan Nopember 2008 s.d Januari 2009. Teknik pengumpulan data antara lain dengan lembar observasi dan lembar tes selama tindakan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran.
 
Hasil penelitian siklus 1 berkaitan dengan peningkatan sikap berani mengajukan pertanyaan dan sikap bertanggung jawab; siklus 2 berkaitan dengan peningkatan sikap berani mengemukakan pendapat dan sikap berpikir bebas. Adapun hasil penelitian terhadap sikap ilmiah siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan media komik telah menunjukkan peningkatan walaupun masih belum maksimal. Keberhasilan ini didukung oleh adanya kesiapan guru dalam merancang pembelajaran serta proses pembelajaran yang dilaksanakan sesuai rencana. Tetapi, masih ada faktor utama yang dirasakan menghambat yaitu belum seluruh siswa mampu bekerja secara kelompok dan kemampuan siswa membuat kalimat tanya masih kurang. Oleh karena itu, guru hendaknya sering melatih siswa agar mampu membuat kalimat tanya yang baik dan benar serta siswa dilatih agar memiliki keberanian mengungkapkan gagasannya, selain itu siswa harus menambah pengetahuan melalui kegiatan membaca sehingga memiliki wawasan yang luas.

Contoh Abstrak Karya Ilmiah

ABSTRAK 
Penelitian Deskriptif Mengenai Psikologi Sosial Masyarakat Kudus Terhadap Fatwa Rokok MUI
Oleh : Ikha Setya Aminati
Penelitian tentang “Dampak Fatwa Rokok Bagi Psikologi Sosial Masyarakat Kudus” bertujuan untuk memberi manfaat psikologi sosial masyarakat Kudus dalam permasalahan fatwa rokok.
 
Penelitian ini dilakukan dengan cara pembagian angket kepada masyarakat yang mempunyai rutinitas merokok serta studi pustaka. Sejumlah 54 angket yang kembali diperoleh hasil bahwa alasan merokok terbanyak adalah merokok untuk menghilangkan lelah yang ditunjukkan dengan presentase 33,33%.
 
Sedangkan responden yang merokok mengetahui bahwa rokok tersebut berbahaya bagi kesehatan tubuh adalah sebanyak 88,89%. Namun, dalam kenyataannya mereka tetap merokok untuk alasan-alasan yang tercantum pada tabel 1, ini terbukti bahwa perokok menerapkan teori pertentangan sebagai salah satu upaya untuk melakukan aktifitas merokok.
 
Tetapi, tidak selamanya teori pertentangan berlaku pada 54 orang responden. Hal itu terbukti dengan adanya kesadaran untuk berhenti merokok yang terdapat dalam tabel 2 sebanyak 66,67%.
 
Berdasarkan kenyataan yang diperoleh dari hasil tersebut, maka psikologi sosial bermanfaat dalam permasalahan fatwa rokok, berupa adanya kesadaran masyarakat untuk berhenti merokok. Sedangkan dampak fatwa rokok pada psikologi sosial masyarakat Kudus, berupa adanya penolakan terhadap fatwa rokok MUI. Kemudian bentuk dari psikologi sosial rokok dalam masyarakat adalah adanya teori pertentangan yang secara langsung dilakukan masyarakat sebagai upaya untuk melakukan aktivitas merokok.
 
Catatan :
Dalam Petunjuk Penulisan/biasa disebut Juknis Abstrak ini adalah Pertama, isi tidak boleh lebih dari 1 halaman, paragraphnya menggunakan 1 spasi dan maksimal 250 kata.


Demikian informasi tentang abstrak skripsi, semoga dapat membantu kalian dalam mengerjakan skrips. Silahkan jadikan referensi untuk tugas akhir kalian, jangan lupa untuk memberikan klik share di bawah artikel ini. Terima kasih atas kunjungan kalian.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url