Guru Berbeda Mengajar 2 Kelas Yang Berbeda, Kelas A Dan Kelas B, Dengan Beda Metode Mengajar. Siswa Dari Kedua Kelas Tersebut Mengikuti Ujian Yang Sama Pada Akhir Semester. Berikut Hasil Ujian Dari Kedua Kelas. A. Hitunglah Mean Dari Masing-Masing Kelompok. B. Dari Hasil A, Menurut Kalian, Apakah Metode Guru Yang Satu Lebih Baik Dari Metode Guru Lainnya? Jelaskan Alasan Dari Jawabanmu!
Guru berbeda mengajar 2 kelas yang berbeda, kelas A dan kelas B, dengan beda metode mengajar. Siswa dari kedua kelas tersebut mengikuti ujian yang sama pada akhir semester. Berikut hasil ujian dari kedua kelas. a. Hitunglah mean dari masing-masing kelompok. b. Dari hasil a, menurut kalian, apakah metode guru yang satu lebih baik dari metode guru lainnya? Jelaskan alasan dari jawabanmu! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Matematika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Matematika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Soal :
Guru berbeda mengajar 2 kelas yang berbeda, kelas A dan kelas B, dengan beda metode mengajar. Siswa dari kedua kelas tersebut mengikuti ujian yang sama pada akhir semester. Berikut hasil ujian dari kedua kelas.
a. Hitunglah mean dari masing-masing kelompok.
b. Dari hasil a, menurut kalian, apakah metode guru yang satu lebih baik dari metode guru lainnya? Jelaskan alasan dari jawabanmu!
Jawaban Dan Pembahasan :
Untuk menjawab soal diatas, pertama kita harus mencari tahu dulu jumlah hasil ujian dan jumlah ferekuensi dari masing – masing kelas A dan B :
• Jumlah hasil ujian kelas A
= 24,5+(34,5x3)+(44,5x6)+(54,5x6)+(64,5x11)+(74,5x10)+(84,5x8)
= 24,5+103,5+267+327+709,5+745 +676
= 2852,5
• Jumlah hasil ujian kelas B
= 24,5+(34,5x2)+(44,5x4)+(54,5x13)+(64,5x15)+(74,5x6)+(84,5x3)
= 24,5+69+178+708,5+967,5+447+253,5
= 2648
• Jumlah frekuensi kelas A
= 1 + 3 + 6 + 6 + 11 + 10 + 8 = 45
• Jumlah frekuensi kelas B
= 1 + 2 + 4 + 13 + 15 + 6 + 3 = 44
a. Mencari mean kelas A dan mean kelas B
Mean kelas A = 2852,5 = 63,4
45
Mean kelas B = 2648 = 60,2
44
b. Menurut saya, metode guru dari kelas A lebih baik daripada metode guru dari kelas B, hal tersebut dapat dilihat dari mean kelas A yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mean kelas B. Selain itu, dari data yang ada dapat dilihat juga bahwa terdapat 29 siswa dikelas A yang nilainya di atas 60, sedangkan di kelas B hanya terdapat 24 siswa saja yang nilainya di atas 60.
Itu dia tadi pembahasan soal Matematika mengenai a. Hitunglah mean dari masing-masing kelompok. b. Dari hasil a, menurut kalian, apakah metode guru yang satu lebih baik dari metode guru lainnya? Jelaskan alasan dari jawabanmu!, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.