Hang Time Menunjukkan Lamanya Seseorang Berada Di Udara Setelah Melompat Hingga Ketinggian Tertentu. Makin Tinggi Lompatan Makin Lama Seseorang Berada Di Udara. Atlet-Atlet Olahraga Tertentu, Seperti Bola Basket, Memerlukan Hang Time Agar Dapat Memasukkan Bola. A. Tentukan Hubungan Antara Ketinggian Lompatan Dengan Hang Time Dalam Bentuk Fungsi. B. Mengapa Fungsi Invers Diperlukan Dalam Masalah Ini? Jelaskan. C. Carilah Hang Time Dari Seorang Pemain Basket Dunia. [Uji Kompetensi Halaman 41 Matematika Kelas 11 Kurikulum Merdeka]
Hang time menunjukkan lamanya seseorang berada di udara setelah melompat hingga ketinggian tertentu. Makin tinggi lompatan makin lama seseorang berada di udara. Atlet-atlet olahraga tertentu, seperti bola basket, memerlukan hang time agar dapat memasukkan bola. a. Tentukan hubungan antara ketinggian lompatan dengan hang time dalam bentuk fungsi. b. Mengapa fungsi invers diperlukan dalam masalah ini? Jelaskan. c. Carilah hang time dari seorang pemain basket dunia. [Uji Kompetensi Halaman 41 Matematika Kelas 11 Kurikulum Merdeka] - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Matematika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Matematika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Uji Kompetensi Halaman 41 Matematika Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka
Soal Nomor 9 :
9. Hang time menunjukkan lamanya seseorang berada di udara setelah melompat hingga ketinggian tertentu. Makin tinggi lompatan makin lama seseorang berada di udara. Atlet-atlet olahraga tertentu, seperti bola basket, memerlukan hang time agar dapat memasukkan bola.
a. Tentukan hubungan antara ketinggian lompatan dengan hang time dalam bentuk fungsi.
b. Mengapa fungsi invers diperlukan dalam masalah ini? Jelaskan.
c. Carilah hang time dari seorang pemain basket dunia.
Jawaban Dan Pembahasan : (soal nomor 9)
9. a. Berikut di bawah ini adalah hubungan antara ketinggian lompatan dengan hang time dalam bentuk fungsi :
h = ½gt²
Dengan keterangan sebagai berikut :
- h : ketinggian
- g : gravitasi
- t : hang time
b. Untuk menjawab soal b, kita perlu mencari terlebih dahulu fungsi invers dari fungsi h = ½gt².
• Mencari fungsi invers :
h = ½gt²
2h = t²
g
t = √(2h/g)
Sehingga fungsi inversnya yaitu t = √(2h/g)
Dari fungsi invers di atas kita bisa tahu bahwa fungsi invers berupa hang time sementara yang diketahui merupakan ketinggian dari lompatan. Sehingga fungsi invers diperlukan dalam masalah pada soal nomor 9, karena terdapat hubungan antara ketinggian suatu lompatan dengan kesempatan untuk memasukkan bola.
c. Sebagai contoh : Misal seorang pemain basket dapat melompat setinggi 100 cm. Maka kita bisa mencari hang time dari pemain basket tersebut dengan cara sebagai berikut :
Diketahui h = 100 cm = 1 m
t = √(2h/g)
t = √(2.1/9,8)
t = √(2/9,8)
t = √(0,204)
t = 0,45
Jadi, hang time dari seorang pemain basket yang dapat melompat setinggi 100 cm adalah 0,45 detik
Itu dia tadi pembahasan soal Matematika mengenai “Hang time menunjukkan lamanya seseorang berada di udara setelah melompat hingga ketinggian tertentu. Makin tinggi lompatan makin lama seseorang berada di udara. Atlet-atlet olahraga tertentu, seperti bola basket, memerlukan hang time agar dapat memasukkan bola. a. Tentukan hubungan antara ketinggian lompatan dengan hang time dalam bentuk fungsi. b. Mengapa fungsi invers diperlukan dalam masalah ini? Jelaskan. c. Carilah hang time dari seorang pemain basket dunia”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.