Perhatikan Percakapan Di Bawah Ini. Anton : Suatu Fungsi Dapat Dipastikan Mempunyai Fungsi Invers Atau Tidak Dengan Menggunakan Diagram Panah. Toni : Saya Tidak Setuju Karena Diagram Panah Tidak Memberikan Informasi Lengkap. Setujukah Kamu Dengan Pendapat Keduanya? Adakah Pendapatmu Yang Diperlukan Untuk Melengkapi Kedua Pendapat Tersebut? [Uji Kompetensi Halaman 41 Matematika Kelas 11 Kurikulum Merdeka]
Perhatikan percakapan di bawah ini. Anton : Suatu fungsi dapat dipastikan mempunyai fungsi invers atau tidak dengan menggunakan diagram panah. Toni : Saya tidak setuju karena diagram panah tidak memberikan informasi lengkap. Setujukah kamu dengan pendapat keduanya? Adakah pendapatmu yang diperlukan untuk melengkapi kedua pendapat tersebut? [Uji Kompetensi Halaman 41 Matematika Kelas 11 Kurikulum Merdeka] - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Matematika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Matematika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Uji Kompetensi Halaman 41 Matematika Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka
Soal Nomor 6 :
6. Perhatikan percakapan di bawah ini.
- Anton : Suatu fungsi dapat dipastikan mempunyai fungsi invers atau tidak dengan menggunakan diagram panah.
- Toni : Saya tidak setuju karena diagram panah tidak memberikan informasi lengkap.
Setujukah kamu dengan pendapat keduanya? Adakah pendapatmu yang diperlukan untuk melengkapi kedua pendapat tersebut?
(Pembahasan soal No. 7 Uji Kompetensi Hal. 41 Matematika Kelas 11 ada di artikel sebelumnya) Baca juga Perhatikan kedua grafik di bawah ini. a. Tentukan nilai (f ◦ g)(2) b. Tentukan nilai yang menyebabkan (f ◦ g)(x) = 4 c. Apakah (f ◦ g)(x) berupa fungsi linear atau kuadrat? Jelaskan. d. Apakah (g ◦ f)(x) berupa fungsi linear atau kuadrat? Jelaskan. e. Apa yang harus dilakukan dengan domain f(x) jika diinginkan f(x) mempunyai invers? [Uji Kompetensi Halaman 41 Matematika Kelas 11 Kurikulum Merdeka]
Jawaban Dan Pembahasan : (soal nomor 6)
6. Menurut saya, saya lebih setuju dengan pendapat Anton. Kemudian, untuk melengkapi pendapat Anton, selain dengan menggunakan diagram panah untuk memastikan apakah suatu fungsi mempunyai fungsi invers atau tidak, menurut pendapat saya kita juga dapat menggunakan cara lain misalnya yakni dengan menggunakan grafik.
(Pembahasan soal No. 8 Uji Kompetensi Hal. 41 Matematika Kelas 11 ada di artikel sebelumnya) Baca juga Perhatikan f(x) = 3x + 1 dan g(x) = (x−1)/3. a. Gambarkan kedua fungsi tersebut pada satu sistem koordinat. b. Lakukan fungsi komposisi (f ◦ g)(x) dan (g ◦ f)(x). Jelaskan hasil yang diperoleh. c. Berdasarkan hasil a dan b apakah yang dapat disimpulkan? [Uji Kompetensi Halaman 41 Matematika Kelas 11 Kurikulum Merdeka]
Itu dia tadi pembahasan soal Matematika mengenai “Perhatikan percakapan di bawah ini. Anton : Suatu fungsi dapat dipastikan mempunyai fungsi invers atau tidak dengan menggunakan diagram panah. Toni : Saya tidak setuju karena diagram panah tidak memberikan informasi lengkap. Setujukah kamu dengan pendapat keduanya? Adakah pendapatmu yang diperlukan untuk melengkapi kedua pendapat tersebut?”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.