1. Bagaimana Menentukan Kecepatan Horizontal Jika Diketahui Ketinggian Tumpukan h? 2. Bagaimana Menentukan Waktu Jatuh Jika Diketahui Ketinggian y? 3. Bagaimana Menentukan Jarak Horizontal R Dengan Menggunakan y Dan h? 4. Apakah Ada Perbedaan Hasil R Yang Diukur Dan Yang Diperoleh Dari Teori? 5. Mengapa Harus Ada Jarak Antara Dasar Bidang Miring Dengan Tepi Meja? 6. Apa Yang Harus Diubah Dalam Percobaan Agar R Makin Jauh? [Soal Aktivitas 2.9 Halaman 55 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
1. Bagaimana menentukan kecepatan horizontal jika diketahui ketinggian tumpukan h? 2. Bagaimana menentukan waktu jatuh jika diketahui ketinggian y? 3. Bagaimana menentukan jarak horizontal R dengan menggunakan y dan h? 4. Apakah ada perbedaan hasil R yang diukur dan yang diperoleh dari teori? 5. Mengapa harus ada jarak antara dasar bidang miring dengan tepi meja? 6. Apa yang harus diubah dalam percobaan agar R makin jauh? [Soal Aktivitas 2.9 Halaman 55 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka] - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Waratabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Fisika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Fisika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Aktivitas 2.9 Halaman 55 Fisika SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Soal :
Lakukan suatu penyelidikan untuk menentukan faktor yang memengaruhi jarak horizontal benda. Buatlah susunan buku dan bidang miring sebagaimana yang ditunjukkan dalam Gambar 2.41. Sediakan suatu kelereng atau bola pingpong atau yang lainnya. Gunakan penggaris dan alat pengukur waktu.
- Ukur ketinggian tumpukan buku h untuk menentukan kecepatan horizontal.
- Ukur ketinggian y untuk menentukan waktu jatuh.
- Tentukan jarak horizontal R dengan penggaris.
Pertanyaan
- Bagaimana menentukan kecepatan horizontal jika diketahui ketinggian tumpukan h?
- Bagaimana menentukan waktu jatuh jika diketahui ketinggian y?
- Bagaimana menentukan jarak horizontal R dengan menggunakan y dan h?
- Apakah ada perbedaan hasil R yang diukur dan yang diperoleh dari teori?
- Mengapa harus ada jarak antara dasar bidang miring dengan tepi meja?
- Apa yang harus diubah dalam percobaan agar R makin jauh?
(Pembahasan Soal Asesmen Nomor 1 Hal. 60-61 Fisika Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga Suatu pesawat terbang dipercepat 5 m/s² selama 32 detik sebelum naik ke atas. a. Tentukan jarak tempuh pesawat sebelum lepas landas. b. Perhatikan tabel berikut ini. Tentukan kemungkinan jenis pesawat. c. Cari informasi panjang landasan pacu di Indonesia, tentukan dua kemungkinan bandara dimana pesawat itu berada. [Soal Asesmen Hal. 60-61 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Jawaban Dan Pembahasan : (Soal Aktivitas 2.9 Halaman 55)
1. Menentukan kecepatan horizontal jika diketahui ketinggian tumpukan h :
EP = EK
m.g.h = ½ m.(vx)²
g.h = ½ . (vx)²
vx = √(2gh)
2. Menentukan waktu jatuh jika diketahui ketinggian y :
y = ½ gt²
t² = 2y/g
t = √(2y/g)
3. Menentukan jarak horizontal R dengan menggunakan y dan h
R = vx . t
= √(2gh) × √(2y/g)
= √(4hy)
4. Menurut saya tidak ada perbedaan hasil R yang diukur dan yang diperoleh dari teori.
5. Harus ada jarak antara dasar bidang miring dengan tepi meja, hal ini karena supaya bola dapat bergerak secara horizontal.
6. Apabila tinggi meja tetap, yang harus diubah dalam percobaan agar R makin jauh yaitu tinggi tumpukan h, supaya didapatkan kecepatan horizontal yang lebih besar.
(Pembahasan Soal Asesmen Nomor 2 Hal. 60-61 Fisika Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga Jelaskan apa yang terjadi dengan gerak benda, seperti yang ditunjuk pada grafik di bawah ini. [Soal Asesmen Hal. 60-61 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Itu dia tadi pembahasan soal Fisika mengenai “1. Bagaimana menentukan kecepatan horizontal jika diketahui ketinggian tumpukan h? 2. Bagaimana menentukan waktu jatuh jika diketahui ketinggian y? 3. Bagaimana menentukan jarak horizontal R dengan menggunakan y dan h? 4. Apakah ada perbedaan hasil R yang diukur dan yang diperoleh dari teori? 5. Mengapa harus ada jarak antara dasar bidang miring dengan tepi meja? 6. Apa yang harus diubah dalam percobaan agar R makin jauh?”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.