Ajaran Islam Bukan Hanya Mementingkan Soal Akhirat, Tetapi Juga Soal Dunia. Umat Islam Juga Harus Memperhatikan Kehidupan Dunia. Pemikiran Ini Dikemukakan Oleh [Soal Hal. 323-325 PAI SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Ajaran Islam bukan hanya mementingkan soal akhirat, tetapi juga soal dunia. Umat Islam juga harus memperhatikan kehidupan dunia. Pemikiran ini dikemukakan oleh [Soal Hal. 323-325 PAI SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka] - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Waratabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PAI ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Halaman 323-325 PAI SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Soal Pilihan Ganda Nomor 1 - 10 :
1. Ajaran Islam bukan hanya mementingkan soal akhirat, tetapi juga soal dunia. Umat Islam juga harus memperhatikan kehidupan dunia. Pemikiran ini dikemukakan oleh ….
A. Jamaludin al-Afghani
B. Muhammad Rasyid Ridha
C. Muhammad Abduh
D. Sultan Mahmud II
E. Rifa’ah Baidawi R. al-Tahtawi
Jawaban : A
2. Perhatikan tokoh di bawah ini!
1) Muhammad Ali Pasya
2) Muhammad Abduh
3) Rifa’ah Baidawi Rafi’at at-Tahtawi
4) KH. Ahmad Dahlan
5) KH. Hasyim Asy’ari
6) Muhammad Iqbal
Dari tokoh Islam pada masa modern yang berkiprah di Mesir adalah ….
A. 1), 2), dan 3)
B. 2), 3), dan 4)
C. 3), 4, dan 5)
D. 4), 5), dan 6)
E. 5), 6), dan 1)
Jawaban : A
3. Menurut Harun Nasution, membagi sejarah Islam ke dalam tiga periode besar. Di antaranya masa tahun 1800 sampai sekarang. Pada masa itu oleh Harun Nasution disebut dengan ….
A. masa klasik
B. masa pertengahan
C. masa transisi
D. masa modern
E. masa kejayaan
Jawaban : D
4. Pintu ijtihad masih terbuka lebar bagi umat Islam. Ijtihad merupakan dasar penting dalam menafsirkan kembali ajaran Islam. Pemikiran tersebut dikemukakan oleh….
A. Jamaludin al-Afghani dan Sayyid Ahmad Khan
B. Muhammad Rasyid Ridha dan Jamaludin al-Afghani
C. Muhammad Abduh dan Muhammad Iqbal
D. Sultan Mahmud II dan Namik Kemal
E. Rifa’ah Baidawi dan Muhammad Ali Pasya
Jawaban : C
5. Tokoh pembaharu pada abad ke-18 yang mendirikan sekolah Maktebi Ma’aarif dan Maktebi Ulum’i edibiyet dan sekolah kedokteran, militer, dan teknik adalah…
A. Jamaludin al-Afghani
B. Muhammad Rasyid Ridha
C. Muhammad Abduh
D. Sultan Mahmud II
E. Rifa’ah Baidawi
Jawaban : D
6. Perhatikan kitab di bawah ini
1) Al-Qadha wa al-Qadar
2) Risalah tauhid
3) Syarh Nahjil Balaghah
4) Ishlahu al-Mahakim al-Syar’iyyah
5) Adab al-Alim wa al-Muta’allim
Dari kitab di atas yang merupakan karya Muhammad Abduh adalah ….
A. 1), 2), dan 3)
B. 2), 3), dan 4)
C. 3), 4, dan 5)
D. 4), 5), dan 1)
E. 5), 1), dan 2)
Jawaban : B
7. Di bawah ini adalah tokoh pembaharu yang dikenal dengan bapak pendiri Negara Pakistan adalah ….
A. Jamaludin al-Afghani
B. Muhammad Rasyid Ridha
C. Muhammad Abduh
D. Sultan Mahmud II
E. Muhammad Iqbal
Jawaban : E
8. Di bawah ini adalah pokok-pokok pikiran KH. Ahmad Dahlan adalah kecuali ….
A. fondasi dalam pemerintahan dalam Islam mempunyai tujuan memberi persamaan bagi setiap muslim, melayani kepentingan dengan cara perundingan, dan menjaga keadilan
B. model pendidikan memadukan dua jenis yatu pesantren dan sekolah umum. Dalam pengajarannya menggabungkan antara system pengajaran pesantren dan Pendidikan Barat
C. tujuan utama pendidikan Islam adalah membentuk manusia yang berbudi luhur, alim dalam agama, memiliki pandangan luas, dan paham tentang masalah ilmu keduniaan
D. pendidikan harus mencetak manusia-manusia yang berjiwa nasionalisme dan patriotisme, sehingga bersedia berjuang untuk kemajuan masyarakat
E. materi pendidikan harus meliputi: pendidikan moral dan akhlak, pendidikan individu, dan pendidikan kemasyarakatan
Jawaban : A
9. KH. Hasyim Asy’ari adalah sosok yang produktif menulis kitab. Karya beliau yang berisi tentang pentingnya persatuan dan kesatuan di antara sesama umat Islam dalam merespon upaya-upaya yang telah dilakukan Belanda adalah….
A. Adab al-alim wa al-muta’allim
B. Al-Mawa’idz
C. Al-Nur al-Mubin
D. Al-Tanbihat wa al-wajibat
E. Al-Durar al-Muntatsirah
Jawaban : B
10. Di bawah ini yang bukan merupakan hikmah mempelajari perkembangan Islam pada abad modern, adalah ….
A. mendorong umat Islam untuk menguasai IPTEK
B. mendorong umat Islam untuk menjadi orang kaya
C. mendorong semangat untuk berjuang
D. mendorong umat Islam meraih kemajuan yang hakiki
E. mendorong umat Islam memiliki prinsip hidup yang kuat
Jawaban : A
Soal Uraian (pembahasan soal uraian nomor 1-5 ada di artikel sebelumnya)
- Jelaskan kondisi umat Islam pada tahun 1800! [Soal Hal. 323-325 PAI SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Bagaimana persamaan pemikiran dari Muhammad Abdul dengan Rasyid Rida? [Soal Hal. 323-325 PAI SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Bagaimana dampak pembaruan Islam pada masa modern bagi bangsa Indonesia? [Soal Hal. 323-325 PAI SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Bagaimana hasil peradaban Islam pada masa modern! Jelaskan! [Soal Hal. 323-325 PAI SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Jelaskan 3 hikmah yang dapat diambil dari pemikiran tokoh-tokoh pembaharu Islam pada masa modern, khususnya pelajaran sekarang dalam kehidupan sehari-hari ! [Soal Hal. 323-325 PAI SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Itu dia tadi pembahasan soal pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.