Bagaimana Persamaan Pemikiran Dari Muhammad Abdul Dengan Rasyid Rida? [Soal Hal. 323-325 PAI SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Bagaimana persamaan pemikiran dari Muhammad Abdul dengan Rasyid Rida? [Soal Hal. 323-325 PAI SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka] - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Waratabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PAI ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Halaman 323-325 PAI SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Soal Uraian Nomor 2 :
2. Bagaimana persamaan pemikiran dari Muhammad Abdul dengan Rasyid Rida?
(Pembahasan Soal Uraian Nomor 3 PAI Hal. 323-325 Kelas 11 ada di artikel sebelumnya) Baca juga Bagaimana dampak pembaruan Islam pada masa modern bagi bangsa Indonesia? [Soal Hal. 323-325 PAI SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Jawaban : (soal uraian nomor 2)
Persamaan pemikiran dari Muhammad Abduh dengan Rasyid Ridha yaitu bahwa pintu ijtihad masih terbuka lebar bagi umat Islam. Ijtihad adalah dasar penting di dalam menafsirkan kembali ajaran Islam. Pemikirannya bersifat rasional.
Pembahasan : (soal uraian nomor 2)
Muhammad Abduh memiliki nama lengkap Muhammad Abduh Hasan Khairullah. Beliau lahir pada tahun 1849 M di Mahallat Nasr, Syubra Khit, al-Bahirah Mesir. Tahun 1862 Muhammad Abduh belajar agama ke Syekh Ahmad. Kemudian pada tahun 1866, beliau melanjutkan ke Universitas Al-Azhar Kairo.
Rasyid Ridha mempunyai nama lengkap Muhammad Rasyid bin Ali Ridha bin Syamsudin bin Baha’uddin al-Qalmuni al-Husaini. Beliau di lahirkan pada tanggal 23 September tahun 1865 M di Qalamun, yang tidak jauh dari Kota Tripoli Lebanon.
Kemudian, persamaan pemikiran dari Muhammad Abduh dengan Rasyid Ridha yaitu bahwa pintu ijtihad masih terbuka lebar bagi umat Islam. Ijtihad adalah dasar penting di dalam menafsirkan kembali ajaran Islam. Pemikirannya bersifat rasional.
(Pembahasan Soal Uraian Nomor 4 PAI Hal. 323-325 Kelas 11 ada di artikel sebelumnya) Baca juga Bagaimana hasil peradaban Islam pada masa modern! Jelaskan! [Soal Hal. 323-325 PAI SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Itu dia tadi pembahasan soal Pendidikan Agama Islam mengenai “Bagaimana persamaan pemikiran dari Muhammad Abdul dengan Rasyid Rida?”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.