Bapak Berjalan 80 M Ke Timur Kemudian 60 M Ke Utara (Perpindahan Pertama) Lalu Berjalan 120 M Ke Timur Dan 90 M Ke Utara (Perpindahan Kedua). Gambarkan Kedua Perpindahan Pada Kertas Berpetak. Tentukan : A. Komponen Horizontal Dan Komponen Vertikal Dari Perpindahan Total. B. Besar Dan Arah Perpindahan Total. [Soal Aktivitas 1.5 Halaman 17-18 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Bapak berjalan 80 m ke timur kemudian 60 m ke utara (perpindahan pertama) lalu berjalan 120 m ke timur dan 90 m ke utara (perpindahan kedua). Gambarkan kedua perpindahan pada kertas berpetak. Tentukan : a. Komponen horizontal dan komponen vertikal dari perpindahan total. b. Besar dan arah perpindahan total. [Soal Aktivitas 1.5 Halaman 17-18 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka] - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Waratabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Fisika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Fisika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Aktivitas 1.5 Halaman 17-18 Fisika SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Soal :
Bapak berjalan 80 m ke timur kemudian 60 m ke utara (perpindahan pertama) lalu berjalan 120 m ke timur dan 90 m ke utara (perpindahan kedua). Gambarkan kedua perpindahan pada kertas berpetak. Tentukan :
a. Komponen horizontal dan komponen vertikal dari perpindahan total.
b. Besar dan arah perpindahan total.
(Pembahasan Soal Aktivitas 1.6 Hal. 19-21 Fisika Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga 1. Apakah hasil yang sama diperoleh baik dengan cara metode jajargenjang maupun dengan menggunakan rumus cosinus? Jika berbeda, menurut kalian, cara mana yang memberikan hasil lebih akurat? 2. Bagaimana hubungan antara berat beban dengan resultan gaya? 3. Bagaimana pengaruh bertambahnya sudut apit antara dua pegas terhadap resultan vektor gaya yang terbentuk? Mengapa demikian? 4. Diskusikan hasil percobaan dan ambillah kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan. [Soal Aktivitas 1.6 Halaman 19-21 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Jawaban Dan Pembahasan :
Berdasarkan keterangan yang ada pada Soal Aktivitas 1.5, gambar dari kedua perpindahan adalah sebagai berikut (satu petak pada gambar mewakili 20 m) :
a. Menentukan komponen horizontal dan komponen vertikal dari perpindahan total :
- Komponen horizontal = 80 m + 120 m = 200 m
- Komponen vertikal = 60 m + 90 m = 150 m
b. Menentukan besar dan arah perpindahan total :
- Besar perpindahan total : R = √(Rx² + Ry²)
- Arah perpindahan total : tan θ = Ry
= √(200² + 150²)
= √(40000 + 22500)
= √(62500)
= 250
Jadi, besar perpindahan totalnya yaitu 250 m
Rx
tan θ = 150
200
tan θ = 15
20
tan θ = 3
4
θ = tan-1 3
4
θ = 36,869°
Jadi, arah perpindahan totalnya yaitu 36,869°
(Pembahasan Soal Aktivitas 1.7 Hal. 21 Fisika Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga Rancanglah suatu percobaan untuk menentukan penjumlahan vektor gaya dengan mengubah nilai beban, dimulai dari satu beban hingga tiga beban. Setiap beban bermassa sama. Perhatikan, bahwa sudut apit dibuat tetap yaitu sebesar 90°. Buatlah tabel pengamatan. 1. Berdasarkan percobaan, bagaimana pengaruh jumlah beban yang bertambah dengan sudut apit tetap terhadap resultan vektor gaya yang terbentuk? 2. Diskusikan hasil percobaan dalam kelompok dan ambillah kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan. [Soal Aktivitas 1.7 Hal. 21 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Itu dia tadi pembahasan soal Fisika mengenai “Bapak berjalan 80 m ke timur kemudian 60 m ke utara (perpindahan pertama) lalu berjalan 120 m ke timur dan 90 m ke utara (perpindahan kedua). Gambarkan kedua perpindahan pada kertas berpetak. Tentukan : a. Komponen horizontal dan komponen vertikal dari perpindahan total. b. Besar dan arah perpindahan total.”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.