Jika Berjalan Sejauh 6 M Kemudian 8 M Berapa Jauh Posisi Akhir Dari Posisi Awal? Jawabannya Lebih Dari Satu. Gambarkan Kedua Vektor Perpindahan Dan Vektor Perpindahan Akhir. Lengkapi Tabel 1.1 Berikut Ini. [Soal Aktivitas 1.4 Halaman 14 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Jika berjalan sejauh 6 m kemudian 8 m berapa jauh posisi akhir dari posisi awal? Jawabannya lebih dari satu. Gambarkan kedua vektor perpindahan dan vektor perpindahan akhir. Lengkapi Tabel 1.1 berikut ini. [Soal Aktivitas 1.4 Halaman 14 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka] - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Waratabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Fisika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Fisika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Aktivitas 1.4 Halaman 14 Fisika SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Soal :
Jika berjalan sejauh 6 m kemudian 8 m berapa jauh posisi akhir dari posisi awal? Jawabannya lebih dari satu. Gambarkan kedua vektor perpindahan dan vektor perpindahan akhir. Lengkapi Tabel 1.1 berikut ini.
Tabel 1.1 Penjumlahan Vektor Perpindahan
(Pembahasan Soal Aktivitas 1.5 Hal. 17-18 Fisika Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga Bapak berjalan 80 m ke timur kemudian 60 m ke utara (perpindahan pertama) lalu berjalan 120 m ke timur dan 90 m ke utara (perpindahan kedua). Gambarkan kedua perpindahan pada kertas berpetak. Tentukan : a. Komponen horizontal dan komponen vertikal dari perpindahan total. b. Besar dan arah perpindahan total. [Soal Aktivitas 1.5 Halaman 17-18 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Jawaban : (soal Aktivitas 1.4)
Berikut di bawah ini adalah tabel penjumlahan vektor perpindahan dari soal Aktivitas 1.4 di atas :
Untuk penjelasannya dapat kalian lihat di pembahasan soal Aktivitas 1.4 di bawah ya gaes...
Pembahasan : (soal Aktivitas 1.4)
- Baris kedua pada tabel 1.1 : Perpindahan 1 = 6 m ke Barat
Perpindahan 2 = 8 m ke Timur
Perpindahan 3 (akhir) = 8 m – 6 m = 2 m ke Timur
- Baris ketiga pada tabel 1.1 : Perpindahan 1 = 6 m ke Utara
Perpindahan 2 = 8 m ke Timur
Perpindahan 3 (akhir) = √(8² + 6²)
= √(64 + 36)
= √(100)
= 10 m
Arah perpindahan 3 (akhir) :
tan θ = 6
8
tan θ = 3
4
θ = tan-1 3
4
θ = 36,869°
- Baris keempat pada tabel 1.1 : Perpindahan 1 = 6 m ke Selatan
Perpindahan 2 = 8 m ke Barat
Perpindahan 3 (akhir) = √(8² + 6²)
= √(64 + 36)
= √(100)
= 10 m
Arah perpindahan akhir : 180° + 36,869° = 216,869° (180° ditambah 36,869° karena vektor baris keempat pada tabel 1.1 merupakan negatif vektor dari vektor baris ketiga pada tabel 1.1, kemudian 36,869° di dapatkan dari arah perpindahan 3 (akhir) vektor baris ketiga pada tabel 1.1)
- Baris kelima pada tabel 1.1 : Perpindahan 1 = 6 m 45° dari Timur ke Utara
Perpindahan 2 = 6 m 45° dari Timur ke Utara
Perpindahan 3 (akhir) = 6 m + 6 m = 12 m 45° dari Timur ke Utara
(Pembahasan Soal Aktivitas 1.6 Hal. 19-21 Fisika Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga 1. Apakah hasil yang sama diperoleh baik dengan cara metode jajargenjang maupun dengan menggunakan rumus cosinus? Jika berbeda, menurut kalian, cara mana yang memberikan hasil lebih akurat? 2. Bagaimana hubungan antara berat beban dengan resultan gaya? 3. Bagaimana pengaruh bertambahnya sudut apit antara dua pegas terhadap resultan vektor gaya yang terbentuk? Mengapa demikian? 4. Diskusikan hasil percobaan dan ambillah kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan. [Soal Aktivitas 1.6 Halaman 19-21 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Itu dia tadi pembahasan soal Fisika mengenai “Jika berjalan sejauh 6 m kemudian 8 m berapa jauh posisi akhir dari posisi awal? Jawabannya lebih dari satu. Gambarkan kedua vektor perpindahan dan vektor perpindahan akhir. Lengkapi Tabel 1.1 berikut ini.”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.