Perhatikan Kembali Gambar 2.7. Lengkapi Tabel Dan Buat Grafik Kecepatan Terhadap Waktu. Jawablah Pertanyaan Berikut Ini. 1. Bagaimana Ciri Grafik Jika Kecepatan Benda Berarah Positif? 2. Bagaimana Ciri Grafik Jika Kecepatan Benda Berarah Negatif? 3. Bagaimana Menentukan Jarak Dan Perpindahan Dari Grafik? (Tinjau Berdasarkan Per Segmen Grafik) [Soal Aktivitas 2.3 Halaman 40 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Perhatikan kembali Gambar 2.7. Lengkapi tabel dan buat grafik kecepatan terhadap waktu. Jawablah pertanyaan berikut ini. 1. Bagaimana ciri grafik jika kecepatan benda berarah positif? 2. Bagaimana ciri grafik jika kecepatan benda berarah negatif? 3. Bagaimana menentukan jarak dan perpindahan dari grafik? (Tinjau berdasarkan per segmen grafik) [Soal Aktivitas 2.3 Halaman 40 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka] - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Waratabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Fisika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Fisika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Aktivitas 2.3 Halaman 40 Fisika SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Soal :
Perhatikan kembali Gambar 2.7. Lengkapi tabel dan buat grafik kecepatan terhadap waktu. Jawablah pertanyaan berikut ini.
1. Bagaimana ciri grafik jika kecepatan benda berarah positif?
2. Bagaimana ciri grafik jika kecepatan benda berarah negatif?
3. Bagaimana menentukan jarak dan perpindahan dari grafik? (Tinjau berdasarkan per segmen grafik)
(Pembahasan Soal Aktivitas 2.4 Hal. 43 Fisika Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga Buatlah grafik kecepatan terhadap waktu yang menggambarkan gerak cheetah. Informasi tambahan adalah kecepatan cheetah berkurang dari 120 km/jam hingga berhenti dalam waktu 40 detik. Selidiki gerak cheetah pada setiap segmen grafik, apa yang terjadi dengan kecepatannya dalam selang waktu tertentu. [Soal Aktivitas 2.4 Halaman 43 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Jawaban Dan Pembahasan : (Soal Aktivitas 2.3 Halaman 40)
Berdasarkan gambar 2.7 berikut di bawah ini tabel kecepatan terhadap waktu :
Kemudian, berikut di bawah adalah grafik kecepatan terhadap waktu :
Setelah itu kita bisa menjawab pertanyaan pada soal Aktivitas 2.3 Halaman 40 sebagai berikut :
- Apabila kecepatan benda berarah positif, grafik terdapat di atas sumbu t.
- Apabila kecepatan benda berarah negatif, grafik berada di bawah sumbu t.
- Menentukan jarak dan perpindahan dari grafik yaitu dengan cara menghitung luas persegi panjang pada setiap segmen. Jarak adalah panjang lintasan total yang telah ditempuh sedangkan perpindahan merupakan selisih dari posisi akhir dengan posisi awal.
(Pembahasan Soal Aktivitas 2.6 Hal. 51 Fisika Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga Coba kalian gunakan persamaan 2.6 untuk membuat grafik dari soal cerita GLBB. Mobil yang mula-mula diam mengalami percepatan 2 m/s² selama 6 detik. Lengkapi tabel untuk membuat grafik. [Soal Aktivitas 2.6 Halaman 51 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Itu dia tadi pembahasan soal Fisika mengenai “Perhatikan kembali Gambar 2.7. Lengkapi tabel dan buat grafik kecepatan terhadap waktu. Jawablah pertanyaan berikut ini. 1. Bagaimana ciri grafik jika kecepatan benda berarah positif? 2. Bagaimana ciri grafik jika kecepatan benda berarah negatif? 3. Bagaimana menentukan jarak dan perpindahan dari grafik? (Tinjau berdasarkan per segmen grafik)”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.