Rancanglah Suatu Percobaan Untuk Menentukan Penjumlahan Vektor Gaya Dengan Mengubah Nilai Beban, Dimulai Dari Satu Beban Hingga Tiga Beban. Setiap Beban Bermassa Sama. Perhatikan, Bahwa Sudut Apit Dibuat Tetap Yaitu Sebesar 90°. Buatlah Tabel Pengamatan. 1. Berdasarkan Percobaan, Bagaimana Pengaruh Jumlah Beban Yang Bertambah Dengan Sudut Apit Tetap Terhadap Resultan Vektor Gaya Yang Terbentuk? 2. Diskusikan Hasil Percobaan Dalam Kelompok Dan Ambillah Kesimpulan Dari Percobaan Yang Telah Dilakukan. [Soal Aktivitas 1.7 Hal. 21 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Rancanglah suatu percobaan untuk menentukan penjumlahan vektor gaya dengan mengubah nilai beban, dimulai dari satu beban hingga tiga beban. Setiap beban bermassa sama. Perhatikan, bahwa sudut apit dibuat tetap yaitu sebesar 90°. Buatlah tabel pengamatan. 1. Berdasarkan percobaan, bagaimana pengaruh jumlah beban yang bertambah dengan sudut apit tetap terhadap resultan vektor gaya yang terbentuk? 2. Diskusikan hasil percobaan dalam kelompok dan ambillah kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan. [Soal Aktivitas 1.7 Hal. 21 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka] - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Waratabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Fisika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Fisika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Aktivitas 1.7 Halaman 21 Fisika SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Soal :
Rancanglah suatu percobaan untuk menentukan penjumlahan vektor gaya dengan mengubah nilai beban, dimulai dari satu beban hingga tiga beban. Setiap beban bermassa sama. Perhatikan, bahwa sudut apit dibuat tetap yaitu sebesar 90°. Buatlah tabel pengamatan.
1. Berdasarkan percobaan, bagaimana pengaruh jumlah beban yang bertambah dengan sudut apit tetap terhadap resultan vektor gaya yang terbentuk?
2. Diskusikan hasil percobaan dalam kelompok dan ambillah kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan.
(Pembahasan Soal "Cek Pemahaman" Hal. 23 Fisika Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga Empat gaya bekerja pada suatu pesawat sebagaimana yang ditunjukkan dalam diagram vektor di bawah ini. Gambarkan vektor resultan gaya dan tentukan arah dan besarnya. [Soal “Cek Pemahaman” Hal. 23 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Jawaban Dan Pembahasan :
1. Pengaruh jumlah beban yang bertambah dengan sudut apit tetap terhadap resultan vektor gaya yang terbentuk yaitu apabila jumlah beban semakin bertambah dengan sudut apit tetap maka resultan vektor gaya yang terbentuk akan semakin besar.
2. Hasil diskusinya yakni bahwa resultan gaya akan sama besar dengan berat beban. Menganalisis hasil gambar dengan nilai resultan vektor gaya yang telah didapatkan dari hasil perhitungan. Dan kemudian menententukan juga arah resultan vektor gaya, yaitu dengan cara menggunakan rumus sinus.
(Pembahasan Soal Asesmen Nomor 1 Hal. 24-26 Fisika Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga Besaran-besaran mana yang merupakan vektor? Jelaskan. a. Percepatan merupakan perubahan kecepatan terhadap waktu. b. Tekanan merupakan perbandingan gaya terhadap luas suatu luas permukaan. [Soal Asesmen Hal. 24-26 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Itu dia tadi pembahasan soal Fisika mengenai “Rancanglah suatu percobaan untuk menentukan penjumlahan vektor gaya dengan mengubah nilai beban, dimulai dari satu beban hingga tiga beban. Setiap beban bermassa sama. Perhatikan, bahwa sudut apit dibuat tetap yaitu sebesar 90°. Buatlah tabel pengamatan. 1. Berdasarkan percobaan, bagaimana pengaruh jumlah beban yang bertambah dengan sudut apit tetap terhadap resultan vektor gaya yang terbentuk? 2. Diskusikan hasil percobaan dalam kelompok dan ambillah kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan.”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.