Tempatkan Satu Koin Pada Tepi Meja Dengan Sebagian Koin Berada Di Luar Meja (Koin 1). Tempatkan Koin 2 Di Belakang Koin 1. Sentilah Koin 2 Sehingga Mengenai Koin 1 Dan Keduanya Jatuh. Amati Lintasan Kedua Koin Dan Gambarkan. Dengarkan Juga Bunyi Keduanya Untuk Menentukan Apakah Keduanya Tiba Di Lantai Pada Saat Bersamaan Atau Tidak. [Soal Aktivitas 2.7 Halaman 53 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Tempatkan satu koin pada tepi meja dengan sebagian koin berada di luar meja (koin 1). Tempatkan koin 2 di belakang koin 1. Sentilah koin 2 sehingga mengenai koin 1 dan keduanya jatuh. Amati lintasan kedua koin dan gambarkan. Dengarkan juga bunyi keduanya untuk menentukan apakah keduanya tiba di lantai pada saat bersamaan atau tidak. [Soal Aktivitas 2.7 Halaman 53 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka] - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Waratabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Fisika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Fisika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Aktivitas 2.7 Halaman 53 Fisika SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Soal :
Tempatkan satu koin pada tepi meja dengan sebagian koin berada di luar meja (koin 1). Tempatkan koin 2 di belakang koin 1. Sentilah koin 2 sehingga mengenai koin 1 dan keduanya jatuh. Amati lintasan kedua koin dan gambarkan. Dengarkan juga bunyi keduanya untuk menentukan apakah keduanya tiba di lantai pada saat bersamaan atau tidak.
(Pembahasan Soal Aktivitas 2.9 Hal. 55 Fisika Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga 1. Bagaimana menentukan kecepatan horizontal jika diketahui ketinggian tumpukan h? 2. Bagaimana menentukan waktu jatuh jika diketahui ketinggian y? 3. Bagaimana menentukan jarak horizontal R dengan menggunakan y dan h? 4. Apakah ada perbedaan hasil R yang diukur dan yang diperoleh dari teori? 5. Mengapa harus ada jarak antara dasar bidang miring dengan tepi meja? 6. Apa yang harus diubah dalam percobaan agar R makin jauh? [Soal Aktivitas 2.9 Halaman 55 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Jawaban Dan Pembahasan : (Soal Aktivitas 2.7 Halaman 53)
Lintasan koin yang berada di dekat tepi meja berupa garis lurus ke bawah, sedangkan lintasan koin yang terdapat di atas meja berupa lintasan parabola.
(Pembahasan Soal Asesmen Nomor 1 Hal. 60-61 Fisika Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga Suatu pesawat terbang dipercepat 5 m/s² selama 32 detik sebelum naik ke atas. a. Tentukan jarak tempuh pesawat sebelum lepas landas. b. Perhatikan tabel berikut ini. Tentukan kemungkinan jenis pesawat. c. Cari informasi panjang landasan pacu di Indonesia, tentukan dua kemungkinan bandara dimana pesawat itu berada. [Soal Asesmen Hal. 60-61 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Itu dia tadi pembahasan soal Fisika mengenai “Tempatkan satu koin pada tepi meja dengan sebagian koin berada di luar meja (koin 1). Tempatkan koin 2 di belakang koin 1. Sentilah koin 2 sehingga mengenai koin 1 dan keduanya jatuh. Amati lintasan kedua koin dan gambarkan. Dengarkan juga bunyi keduanya untuk menentukan apakah keduanya tiba di lantai pada saat bersamaan atau tidak.”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh..