Ambil Dua Helai Kertas Dan Peganglah Kedua Helai Kertas Tersebut Sehingga Berada Dalam Posisi Sejajar. Tiuplah Udara Menuju Celah Di Antara Dua Kertas Seperti Dalam Gambar 4.22. Perhatikanlah Apa Yang Terjadi Pada Kedua Kertas Tersebut! Coba Beri Simpulan Apa Kaitan Antara Kelajuan Fluida Dengan Tekanan Udara Yang Dihasilkan! [Soal “Ayo Berkolaborasi” Hal. 110 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Ambil dua helai kertas dan peganglah kedua helai kertas tersebut sehingga berada dalam posisi sejajar. Tiuplah udara menuju celah di antara dua kertas seperti dalam Gambar 4.22. Perhatikanlah apa yang terjadi pada kedua kertas tersebut! Coba beri simpulan apa kaitan antara kelajuan fluida dengan tekanan udara yang dihasilkan! [Soal “Ayo Berkolaborasi” Hal. 110 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka] - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Waratabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Fisika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Fisika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal “Ayo Berkolaborasi” Halaman 110 Fisika SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Soal :
Ambil dua helai kertas dan peganglah kedua helai kertas tersebut sehingga berada dalam posisi sejajar. Tiuplah udara menuju celah di antara dua kertas seperti dalam Gambar 4.22.
Perhatikanlah apa yang terjadi pada kedua kertas tersebut! Coba beri simpulan apa kaitan antara kelajuan fluida dengan tekanan udara yang dihasilkan!
(Pembahasan Soal "Cek Pemahaman" Hal. 112 Fisika Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga Kerjakan soal-soal latihan berikut ini. 1. Tentukan debit air yang keluar melalui lubang 0,1 cm² yang terletak 3 m dibawah permukaan air dalam bak besar! (anggaplah ukuran diameter lubang relatif sangat kecil dibandingkan dengan ukuran diameter bak besar). 2. Wadah terbuka berisi air setinggi 50 cm dari dasar wadah dengan lubang pada posisi seperti Gambar 4.24. Jika posisi lubang dari tanah h2 = 20 cm dan dari permukaan air h1 = 30 cm, dengan luas penampang wadah A1 = 300 cm² dan luas penampang lubang A2 = 3 cm², tentukan kelajuan sembur air melalui lubang A2! [Soal “Cek Pemahaman” Hal. 112 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Jawaban Dan Pembahasan : (soal “Ayo Berkolaborasi” halalaman 110)
Pada saat udara ditiup menuju celah di antara dua kertas, kedua kertas tersebut akan saling mendekat, hal tersebut menunjukkan bahwa tekanan udara yang ada di antara kedua kertas lebih kecil dari pada tekanan udara yang ada di luar masing - masing kertas. Tekanan udara akan kecil apabila kelajuan udara tinggi.
(Pembahasan Soal "Ayo Berdiskusi" Hal. 113 Fisika Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga Coba kalian diskusikan fenomena fisis berikut dan berikan penjelasan fisis yang mendasari fenomena tersebut! 1. Ketika dua perahu motor bergerak dengan kelajuan tinggi dengan posisi sejajar, apakah kedua perahu akan saling mendekat atau saling menjauh? Jelaskan! 2. Pada kamar mandi yang menggunakan shower dan tirai plastik, ketika shower memancarkan air dengan deras maka tirai kamar mandi akan bergerak. Apakah tirai tersebut akan tertarik ke dalam atau terdorong ke luar kamar mandi? Jelaskan! 3. Angin topan besar dapat mengangkat atap rumah. Jelaskan bagaimana hal tersebut dapat terjadi! [Soal “Ayo Berdiskusi” Hal. 113 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Itu dia tadi pembahasan soal Fisika mengenai “Ambil dua helai kertas dan peganglah kedua helai kertas tersebut sehingga berada dalam posisi sejajar. Tiuplah udara menuju celah di antara dua kertas seperti dalam Gambar 4.22. Perhatikanlah apa yang terjadi pada kedua kertas tersebut! Coba beri simpulan apa kaitan antara kelajuan fluida dengan tekanan udara yang dihasilkan!”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.