Pada Percobaan Celah Ganda, Digunakan Sebuah Laser Dengan Panjang Gelombang 700 nm Dan Lebar Antar Celah 2 mm. Di Seberang Celah Terdapat Layar Dengan Jarak 2 meter. Dari Percobaan Tersebut, Tentukan: A. Jarak Pola Terang Kedua Dari Terang Pusat, B. Jumlah Orde Terang Maksimum Yang Masih Dapat Teramati Di Layar, C. Jarak Pola Terang Kedua Dari Terang Pusat, Jika Celah Ganda Diganti Dengan Kisi Difraksi Dengan Ukuran 200 kisi/cm. [Soal Asesmen Hal. 147-148 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Pada percobaan celah ganda, digunakan sebuah laser dengan panjang gelombang 700 nm dan lebar antar celah 2 mm. Di seberang celah terdapat layar dengan jarak 2 meter. Dari percobaan tersebut, tentukan: a. jarak pola terang kedua dari terang pusat, b. jumlah orde terang maksimum yang masih dapat teramati di layar, c. jarak pola terang kedua dari terang pusat, jika celah ganda diganti dengan kisi difraksi dengan ukuran 200 kisi/cm. [Soal Asesmen Hal. 147-148 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka] - Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Fisika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Fisika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Asesmen Halaman 147-148 Fisika SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Soal Nomor 5 :
5. Pada percobaan celah ganda, digunakan sebuah laser dengan panjang gelombang 700 nm dan lebar antar celah 2 mm. Di seberang celah terdapat layar dengan jarak 2 meter. Dari percobaan tersebut, tentukan:
a. jarak pola terang kedua dari terang pusat,
b. jumlah orde terang maksimum yang masih dapat teramati di layar,
c. jarak pola terang kedua dari terang pusat, jika celah ganda diganti dengan kisi difraksi dengan ukuran 200 kisi/cm.
(Pembahasan Soal Aktivitas 4.2 Hal. 95 Fisika Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga Siapkan dua buah gelas berisi air minum. Pada gelas pertama terdapat sebuah sedotan yang kondisinya baik sedangkan pada gelas kedua terdapat sedotan berlubang kecil pada sisinya. Salah seorang anggota kelompok minum air dengan sedotan dari gelas pertama dan gelas kedua. Manakah yang lebih mudah, minum dengan sedotan yang normal atau sedotan yang berlubang? Berikan alasan kalian! [Soal Aktivitas 4.2 Halaman 95 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Jawaban Dan Pembahasan : (Soal Nomor 5)
5. Diketahui pada soal bahwa :
- λ = 700 nm = 7 . 10-7 m
- d = 2 mm = 2 . 10-3 m
- L = 2 m
a. Menentukan jarak pola terang kedua dari terang pusat :
y = L nλ
d
= 2 . 2 . (7 . 10-7)
2 . 10-3
= 28 . 10-7
2 . 10-3
= 14 . 10-4 m
Jadi, jarak pola terang kedua dari terang pusat yaitu 14 . 10-4 m
b. Menentukan jumlah orde terang maksimum yang masih dapat teramati di layar :
Orde terang maksimum yang masih bisa teramati di layar yaitu pada saat sudut simpangannya 90°, sehingga nilai θ = 90°.
d(sinθ) = nλ
(2 . 10-3) (sin90°) = n . (7 . 10-7)
(2 . 10-3) (1) = n . (7 . 10-7)
n = 2 . 10-3
7 . 10-7
n = 2857,1428 (nilai bagian atas)
Total garis terang yang teramati (atas + bawah + terang pusat) yakni 5715
Jadi, jumlah orde terang maksimum yang masih dapat teramati di layar yaitu 2857
c. Menentukan jarak pola terang kedua dari terang pusat, jika celah ganda diganti dengan kisi difraksi dengan ukuran 200 kisi/cm :
▪ Pertama, kita harus menentukan lebar celah pada kisi terlebih dahulu, dengan cara seperti berikut :
d = 1
N
= 10-2
200
= 10-2
2.102
= 0,5 . 10-4 m
▪ Setelah lebar celah pada kisi kita ketahui, selanjutnya kita bisa menentukan jarak pola terang kedua dari terang pusat jika celah ganda diganti dengan kisi difraksi dengan ukuran 200 kisi/cm :
y = L nλ
d
= 2 . 2 . (7 . 10-7)
0,5 . 10-4
= 28 . 10-7
0,5 . 10-4
= 56 . 10-3 m
Jadi, jarak pola terang kedua dari terang pusat, jika celah ganda diganti dengan kisi difraksi dengan ukuran 200 kisi/cm yaitu 56 . 10-3 m
(Pembahasan Soal "Cek Pemahaman" Hal. 100 Fisika Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga Kerjakan soal-soal berikut. 1. Kayu berbentuk kubus dengan massa jenis 500 kg/m³ dimasukkan ke dalam wadah berisikan air (ρair = 1000 kg/m³). Apa yang akan terjadi dengan kubus kayu? 2. Kayu berbentuk kubus dengan massa jenis 700 kg/m³ dimasukkan ke dalam wadah berisikan air (ρair = 1000 kg/m³). Tentukan persentase volume kayu yang tercelup di dalam air! [Soal “Cek Pemahaman” Hal. 100 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Itu dia tadi pembahasan soal Fisika mengenai “Pada percobaan celah ganda, digunakan sebuah laser dengan panjang gelombang 700 nm dan lebar antar celah 2 mm. Di seberang celah terdapat layar dengan jarak 2 meter. Dari percobaan tersebut, tentukan: a. jarak pola terang kedua dari terang pusat, b. jumlah orde terang maksimum yang masih dapat teramati di layar, c. jarak pola terang kedua dari terang pusat, jika celah ganda diganti dengan kisi difraksi dengan ukuran 200 kisi/cm.”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.