Perbedaan Panjang Lintasan Pada Gelombang Cahaya Berlaku Juga Untuk Gelombang Bunyi Dalam Menentukan Jenis Interferensi. Menggunakan Prinsip Yang Sama, Siapakah Yang Mendengar Interferensi Konstruktif Dan Siapakah Yang Mendengar Interferensi Destruktif Dari Kasus Berikut. [Soal “Cek Pemahaman” Hal. 141 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Perbedaan panjang lintasan pada gelombang cahaya berlaku juga untuk gelombang bunyi dalam menentukan jenis interferensi. Menggunakan prinsip yang sama, siapakah yang mendengar interferensi konstruktif dan siapakah yang mendengar interferensi destruktif dari kasus berikut. [Soal “Cek Pemahaman” Hal. 141 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka] - Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Fisika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Fisika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal “Cek Pemahaman” Halaman 141 Fisika SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Soal :
Perbedaan panjang lintasan pada gelombang cahaya berlaku juga untuk gelombang bunyi dalam menentukan jenis interferensi. Menggunakan prinsip yang sama, siapakah yang mendengar interferensi konstruktif dan siapakah yang mendengar interferensi destruktif dari kasus berikut.
(Pembahasan Soal "Cek Pemahaman" Hal. 145 Fisika Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga Suatu berkas cahaya dengan intensitas I₀ melewati polarisator dan analisator seperti yang ditunjukkan pada Gambar 5.42! Apabila setelah melewati polarisator intensitas turun menjadi setengah intensitas awal, tentukan persentase intensitas cahaya setelah melewati analisator. [Soal “Cek Pemahaman” Hal. 145 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Jawaban Dan Pembahasan : (Soal “Cek Pemahaman” Halaman 141)
Diketahui pada soal bahwa :
- f = 170 Hz
- v = 340 m/s
- Jarak Ucok dengan sumber bunyi : 6 m dan 9 m
- Jarak Djoko dengan sumber bunyi : 8 m dan 6 m
- Ditanyakan : siapakah yang mendengar interferensi konstruktif dan siapakah yang mendengar interferensi destruktif ?
Langkah – langkah untuk menentukan siapa yang mendengar interferensi konstruktif dan siapa yang mendengar interferensi destruktif, adalah sebagai berikut :
a. Pertama, kita harus menentukan panjang gelombang (λ) terlebih dahulu :
λ = v
f
= 340
170
= 2 m
b. Kemudian, menentukan beda lintasan yang didengar Ucok dan Djoko :
- Beda lintasan yang didengar Ucok = 9 m – 6 m = 3 m
- Beda lintasan yang didengar Djoko = 8 m – 6 m = 2 m
c. Selanjutnya, kita perlu ingat bahwa :
- Interferensi konstruktif terjadi apabila beda lintasan = λ, 2λ, 3λ, …
- Interferensi destruktif terjadi apabila beda lintasan = 1/2 λ, 3/2 λ, 5/2 λ, …
d. Setelah itu, kita bisa menentukan siapa yang mendengar interferensi konstruktif dan siapa yang mendengar interferensi destruktif :
- Beda lintasan yang didengar Ucok adalah 3 m, nilai tersebut sama dengan 3/2 λ.
- Beda lintasan yang didengar Djoko adalah 2 m, nilai tersebut sama dengan λ.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa yang mendengar interferensi konstruktif adalah Djoko, dan yang mendengar interferensi destruktif adalah Ucok.
(Pembahasan Soal Asesmen Nomor 1 Hal. 147-148 Fisika Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga Sebuah layar yang dihubungkan dengan roller berdiameter 10 cm digunakan untuk mendemonstrasikan pergerakan gelombang menggunakan dua sistem pegas yang identik yang dihubungkan dengan kuas berwarna beserta sumber getaran seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Anggap kuas berosilasi tanpa gesekan terhadap permukaan dan roller berputar tanpa slip. Saat kedua pegas ditarik bersamaan sejauh 40 cm (pegas1) dan 20 cm (pegas 2), tentukan: a. panjang gelombang yang dihasilkan masing-masing sistem pegas, b. beda simpangan antara dua beban pada detik ke-1, c. perbandingan energi potensial pegas 1 dan 2. [Soal Asesmen Hal. 147-148 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Itu dia tadi pembahasan soal Fisika mengenai “Perbedaan panjang lintasan pada gelombang cahaya berlaku juga untuk gelombang bunyi dalam menentukan jenis interferensi. Menggunakan prinsip yang sama, siapakah yang mendengar interferensi konstruktif dan siapakah yang mendengar interferensi destruktif dari kasus berikut.”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.