Siapkan Dua Buah Gelas Berisi Air Minum. Pada Gelas Pertama Terdapat Sebuah Sedotan Yang Kondisinya Baik Sedangkan Pada Gelas Kedua Terdapat Sedotan Berlubang Kecil Pada Sisinya. Salah Seorang Anggota Kelompok Minum Air Dengan Sedotan Dari Gelas Pertama Dan Gelas Kedua. Manakah Yang Lebih Mudah, Minum Dengan Sedotan Yang Normal Atau Sedotan Yang Berlubang? Berikan Alasan Kalian! [Soal Aktivitas 4.2 Halaman 95 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Siapkan dua buah gelas berisi air minum. Pada gelas pertama terdapat sebuah sedotan yang kondisinya baik sedangkan pada gelas kedua terdapat sedotan berlubang kecil pada sisinya. Salah seorang anggota kelompok minum air dengan sedotan dari gelas pertama dan gelas kedua. Manakah yang lebih mudah, minum dengan sedotan yang normal atau sedotan yang berlubang? Berikan alasan kalian! [Soal Aktivitas 4.2 Halaman 95 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka] - Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Fisika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Fisika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Aktivitas 4.2 Halaman 95 Fisika SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Soal :
Siapkan dua buah gelas berisi air minum. Pada gelas pertama terdapat sebuah sedotan yang kondisinya baik sedangkan pada gelas kedua terdapat sedotan berlubang kecil pada sisinya. Salah seorang anggota kelompok minum air dengan sedotan dari gelas pertama dan gelas kedua. Manakah yang lebih mudah, minum dengan sedotan yang normal atau sedotan yang berlubang? Berikan alasan kalian!
(Pembahasan Soal "Cek Pemahaman" Hal. 100 Fisika Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga Kerjakan soal-soal berikut. 1. Kayu berbentuk kubus dengan massa jenis 500 kg/m³ dimasukkan ke dalam wadah berisikan air (ρair = 1000 kg/m³). Apa yang akan terjadi dengan kubus kayu? 2. Kayu berbentuk kubus dengan massa jenis 700 kg/m³ dimasukkan ke dalam wadah berisikan air (ρair = 1000 kg/m³). Tentukan persentase volume kayu yang tercelup di dalam air! [Soal “Cek Pemahaman” Hal. 100 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Jawaban : (Soal Aktivitas 4.2 Halaman 95)
Lebih mudah minum dengan menggunakan sedotan yang normal (sedotan yang kondisiya baik).
Untuk lebih jelasnya dapat kalian simak pada pembahasan di bawah ya gaes...
Pembahasan : (Soal Aktivitas 4.2 Halaman 95)
Diketahui pada soal bahwa :
- Terdapat dua gelas berisi air minum
- Pada gelas pertama terdapat sebuah sedotan yang kondisinya baik
- Pada gelas kedua terdapat sedotan berlubang kecil pada sisinya
- Ditanyakan : lebih mudah minum dengan sedotan yang normal atau sedotan yang berlubang?
Jawabannya yaitu lebih mudah minum dengan menggunakan sedotan yang normal dari pada menggunakan sedotan yang berlubang kecil pada sisinya, hal ini karena perbedaan tekanan yang besar terjadi di antara dekat mulut dan pada air yang ada pada sedotan normal (sedotan yang kondisinya baik).
(Pembahasan Soal "Ayo Berdiskusi" Hal. 102 Fisika Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga Diskusikan penyebab terjadinya perbedaan bentuk permukaan pada zat cair 1 dan zat cair 2 dalam Gambar 4.15! [Soal “Ayo Berdiskusi” Hal. 102 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Itu dia tadi pembahasan soal Fisika mengenai “Siapkan dua buah gelas berisi air minum. Pada gelas pertama terdapat sebuah sedotan yang kondisinya baik sedangkan pada gelas kedua terdapat sedotan berlubang kecil pada sisinya. Salah seorang anggota kelompok minum air dengan sedotan dari gelas pertama dan gelas kedua. Manakah yang lebih mudah, minum dengan sedotan yang normal atau sedotan yang berlubang? Berikan alasan kalian!”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.