Suatu Berkas Cahaya Dengan Intensitas I₀ Melewati Polarisator Dan Analisator Seperti Yang Ditunjukkan Pada Gambar 5.42! Apabila Setelah Melewati Polarisator Intensitas Turun Menjadi Setengah Intensitas Awal, Tentukan Persentase Intensitas Cahaya Setelah Melewati Analisator. [Soal “Cek Pemahaman” Hal. 145 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Suatu berkas cahaya dengan intensitas I₀ melewati polarisator dan analisator seperti yang ditunjukkan pada Gambar 5.42! Apabila setelah melewati polarisator intensitas turun menjadi setengah intensitas awal, tentukan persentase intensitas cahaya setelah melewati analisator. [Soal “Cek Pemahaman” Hal. 145 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka] - Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Fisika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Fisika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal “Cek Pemahaman” Halaman 145 Fisika SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Soal :
Suatu berkas cahaya dengan intensitas I₀ melewati polarisator dan analisator seperti yang ditunjukkan pada Gambar 5.42!
Apabila setelah melewati polarisator intensitas turun menjadi setengah intensitas awal, tentukan persentase intensitas cahaya setelah melewati analisator.
(Pembahasan Soal Asesmen Nomor 1 Hal. 147-148 Fisika Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga Sebuah layar yang dihubungkan dengan roller berdiameter 10 cm digunakan untuk mendemonstrasikan pergerakan gelombang menggunakan dua sistem pegas yang identik yang dihubungkan dengan kuas berwarna beserta sumber getaran seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Anggap kuas berosilasi tanpa gesekan terhadap permukaan dan roller berputar tanpa slip. Saat kedua pegas ditarik bersamaan sejauh 40 cm (pegas1) dan 20 cm (pegas 2), tentukan: a. panjang gelombang yang dihasilkan masing-masing sistem pegas, b. beda simpangan antara dua beban pada detik ke-1, c. perbandingan energi potensial pegas 1 dan 2. [Soal Asesmen Hal. 147-148 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Jawaban Dan Pembahasan : (Soal “Cek Pemahaman” Halaman 145)
Diketahui pada soal bahwa :
- Cahaya dengan intensitas I₀ melewati polarisator dan analisator.
- Setelah melewati polarisator intensitas turun menjadi setengah intensitas awal.
- θ = 60°
- Ditanyakan : persentase intensitas cahaya setelah melewati analisator ?
Untuk menentukan persentase intensitas cahaya setelah melewati analisator, dapat menggunakan cara seperti berikut :
I = I₀ cos² θ
= I₀ cos² 60°
2
= I₀ . 1
2 4
= I₀
8
= 0,125 I₀
Jadi, persentase intensitas cahaya setelah melewati analisator yaitu 0,125 I₀ = 12,5% dari intensitas mula -mula.
(Pembahasan Soal Asesmen Nomor 2 Hal. 147-148 Fisika Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga Joko dan Susan memainkan sumber bunyi yang berbeda, Joko memetik dawai sepanjang L cm sedangkan Susan meniup pipa organa dengan ujung tertutup sepanjang D cm di mana D : L = 3 : 4. Menggunakan tuner mereka mengambil kesimpulan bahwa nada dasar dawai akan sama dengan nada atas pertama dari pipa organa ujung tertutup, dan frekuensi nada dasar dari pipa organa adalah 250 Hz. Jika cepat rambat bunyi pada dawai adalah 650 m/s, tentukan cepat rambat bunyi di dalam pipa organa! [Soal Asesmen Hal. 147-148 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Itu dia tadi pembahasan soal Fisika mengenai “Suatu berkas cahaya dengan intensitas I₀ melewati polarisator dan analisator seperti yang ditunjukkan pada Gambar 5.42! Apabila setelah melewati polarisator intensitas turun menjadi setengah intensitas awal, tentukan persentase intensitas cahaya setelah melewati analisator.”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.