Venturimeter Adalah Alat Yang Digunakan Untuk Menghitung Laju Aliran Suatu Fluida. Apabila Suatu Cairan Mengalir Pada Suatu Pipa Venturimeter Seperti Yang Ditunjukkan Pada Gambar Di Samping. Jika Luas Penampang A1 Adalah 6 Cm² Dan A2 Adalah 4 Cm², Berapakah Kecepatan Aliran Cairan Yang Memasuki Pipa Venturimeter? [Soal Asesmen Hal. 114 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Venturimeter adalah alat yang digunakan untuk menghitung laju aliran suatu fluida. Apabila suatu cairan mengalir pada suatu pipa venturimeter seperti yang ditunjukkan pada gambar di samping. jika luas penampang A1 adalah 6 cm² dan A2 adalah 4 cm², berapakah kecepatan aliran cairan yang memasuki pipa venturimeter? [Soal Asesmen Hal. 114 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka] - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Waratabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Fisika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Fisika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Asesmen Halaman 114 Fisika SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Soal Nomor 5 :
5. Venturimeter adalah alat yang digunakan untuk menghitung laju aliran suatu fluida. Apabila suatu cairan mengalir pada suatu pipa venturimeter seperti yang ditunjukkan pada gambar di samping. jika luas penampang A1 adalah 6 cm² dan A2 adalah 4 cm², berapakah kecepatan aliran cairan yang memasuki pipa venturimeter?
(Pembahasan Soal Aktivitas 3.2 Hal. 68-70 Fisika Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga 1. Buatlah grafik percepatan (a) terhadap fungsi resultan gaya (ΣF), dengan percepatan di sumbu horisontal dan resultan gaya di sumbu vertikal. 2. Kesimpulan apakah yang diperoleh dari grafik tersebut? Tuliskan hubungan antara resultan gaya (ΣF) dan percepatan (a) itu dalam bentuk persamaan. [Soal Aktivitas 3.2 Halaman 68-70 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Jawaban Dan Pembahasan : (soal nomor 5)
5. Diketahui pada soal bahwa :
- Luas penampang A1 = 6 cm² = 6.10-4 m²
- Luas penampang A2 = 4 cm² = 4.10-4 m²
- h = 25 cm = 0,25 m
Ditanyakan :
- Kecepatan aliran cairan yang memasuki pipa venturimeter ?
Untuk menentukan kecepatan aliran cairan yang memasuki pipa venturimeter, dapat menggunakan cara seperti berikut :
p1 + ρgh1 + ½ρ(v1)² = p2 + ρgh2 + ½ρ(v2)²
Karena h1 = h2, maka :
p1 + ρgh + ½ρ(v1)² = p2 + ρgh + ½ρ(v2)²
p1 – p2 =ρgh – ρgh+½ρ(v2)²-½ρ(v1)²
p1 - p2 = ½ρ[(v2)² - (v1)²]
Karena p1 – p2 = ρgh, maka :
ρ . g . h = ½ρ[(v2)² - (v1)²]
2. ρ . g . h = (v2)² - (v1)²
ρ
2 . g . h = (v2)² - (v1)²
2 . 10 . 0,25 = (A1v1/A2)² - (v1)²
5 = (6.10-4.v1/4.10-4)² - (v1)²
5 = 36(v1)² - (v1)²
16
5 = 2,25(v1)² - (v1)²
5 = 1,25 (v1)²
(v1)² = 5
1,25
(v1)² = 4
v1 = √4
v1 = 2 m/s
Jadi, kecepatan aliran cairan yang memasuki pipa venturimeter yaitu 2 m/s
(Pembahasan Soal Aktivitas 3.3 Hal. 72 Fisika Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga a. Apa yang dimaksud dengan gaya netto? b. Apakah pengaruh gaya terhadap gerak? c. Apakah pengaruh gaya gesek terhadap kecepatan benda? d. Bagaimana nilai percepatan suatu benda dengan variasi massa dan gaya eksternal? [Soal Aktivitas 3.3 Halaman 72 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Itu dia tadi pembahasan soal Fisika mengenai “Venturimeter adalah alat yang digunakan untuk menghitung laju aliran suatu fluida. Apabila suatu cairan mengalir pada suatu pipa venturimeter seperti yang ditunjukkan pada gambar di samping. jika luas penampang A1 adalah 6 cm² dan A2 adalah 4 cm², berapakah kecepatan aliran cairan yang memasuki pipa venturimeter?”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.