Sebuah Sistem Pendingin Di Dalam Sebuah Mobil Terdiri Atas Sistem Tertutup Yang Menyerap Panas Dari Motor Dan Sebuah Radiator Kemudian Memindahkan Panas Tersebut Ke Lingkungan. Berikut Tabel Untuk Menguji Keefektifan Dari Tiga Sistem Pendingin. Dari Data Di Atas, Pendingin Manakah Yang Lebih Efektif? Berikan Alasan Kenapa Dua Pendingin Lain Tidak Cocok Untuk Dijadikan Sebagai Pendingin. [Soal Asesmen Hal. 171-172 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Sebuah sistem pendingin di dalam sebuah mobil terdiri atas sistem tertutup yang menyerap panas dari motor dan sebuah radiator kemudian memindahkan panas tersebut ke lingkungan. Berikut tabel untuk menguji keefektifan dari tiga sistem pendingin. Dari data di atas, pendingin manakah yang lebih efektif? Berikan alasan kenapa dua pendingin lain tidak cocok untuk dijadikan sebagai pendingin. [Soal Asesmen Hal. 171-172 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka] - Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Fisika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Fisika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Asesmen Halaman 171-172 Fisika SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Soal Nomor 2 :
2. Sebuah sistem pendingin di dalam sebuah mobil terdiri atas sistem tertutup yang menyerap panas dari motor dan sebuah radiator kemudian memindahkan panas tersebut ke lingkungan. Berikut tabel untuk menguji keefektifan dari tiga sistem pendingin.
Dari data di atas, pendingin manakah yang lebih efektif? Berikan alasan kenapa dua pendingin lain tidak cocok untuk dijadikan sebagai pendingin.
(Pembahasan Soal Asesmen Nomor 3 Hal. 171-172 Fisika Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga Wadah kosong yang terbuat dari logam tembaga pada suhu 25 °C dengan volume 60 liter diisikan bensin sampai penuh. Pada suhu 55 °C, Apakah cairan bensin akan tumpah keluar dari wadah tersebut? Jika cairan bensin tumpah, berapa volume bensin yang akan tumpah tersebut? Data koefisien muai untuk logam tembaga dan cairan bensin dapat dilihat pada Tabel 6.3. [Soal Asesmen Hal. 171-172 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Jawaban : (soal nomor 2)
2. Berdasarkan pada tabel yang ada pada soal nomor 2 di atas, pendingin yang lebih efektif yaitu pendingin A.
Untuk penjelasan dari jawaban tersebut dapat kalian simak pada pembahasan di bawah ya gaes.
Pembahasan : (soal nomor 2)
2. Pendingin mempunyai fungsi yakni untuk menyerap kalor sehingga suhu kendaraan tidak akan meningkat banyak. Bahan dengan kalor jenis yang tinggi sesuai atau cocok sebagai pendingin. Kemudian titik lebur pendingin sebaiknya rendah agar tidak cepat menjadi padat, sedangankan untuk titik didih sebaiknya tidak rendah karena pendingin akan berubah menjadi gas. Perhatikan tabel yang terdapat pada soal nomor 2 di atas, dapat disimpulkan bahwa pendingin yang efektif yaitu pendingin A.
(Pembahasan Soal Asesmen Nomor 4 Hal. 171-172 Fisika Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga Tiga buah cairan A, B, dan C dengan tiga proses pencampuran berbeda, yaitu cairan A dengan cairan B, cairan A dengan cairan C, dan cairan B dengan cairan C. Berikut tabel data dari proses pencampuran tersebut. Menurut kalian, berapakah suhu akhir campuran cairan B dengan cairan C? Berikan argumentasi kalian dalam bentuk perhitungan yang sistematis! [Soal Asesmen Hal. 171-172 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Itu dia tadi pembahasan soal Fisika mengenai “Sebuah sistem pendingin di dalam sebuah mobil terdiri atas sistem tertutup yang menyerap panas dari motor dan sebuah radiator kemudian memindahkan panas tersebut ke lingkungan. Berikut tabel untuk menguji keefektifan dari tiga sistem pendingin. Dari data di atas, pendingin manakah yang lebih efektif? Berikan alasan kenapa dua pendingin lain tidak cocok untuk dijadikan sebagai pendingin.”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.