Bagaimana Hubungan Proses Geografis Dengan Kedatangan Bangsa - Bangsa Asing Di Indonesia? [Soal Evaluasi Hal. 60-62 IPS SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
Bagaimana hubungan proses geografis dengan kedatangan bangsa - bangsa asing di Indonesia? [Soal Evaluasi Hal. 60-62 IPS SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka] - Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Evaluasi Halaman 60-62 IPS SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka
Soal Esai Nomor 2 :
2. Bagaimana hubungan proses geografis dengan kedatangan bangsa - bangsa asing di Indonesia?
(Pembahasan Soal Evaluasi "Esai Nomor 3" Hal. 60-62 IPS Kelas 8 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga Potensi sumber daya alam yang dimanfaatkan secara terus menerus mengakibatkan perubahan bagi kelangsungan alam. Salah satu dampak perubahan alam yang terjadi adalah menurunnya daya dukung lingkungan terhadap kehidupan manusia. Jelaskan faktor yang menyebabkan perubahan potensi sumber daya alam! [Soal Evaluasi Hal. 60-62 IPS SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
Jawaban Dan Pembahasan : (Soal Esai Nomor 2)
2. Hubungan proses geografis dengan kedatangan bangsa - bangsa asing di Indonesia :
Kedatangan dari bangsa - bangsa asing ke Indonesia dikarenakan adanya suatu proses geografis yang berupa angin muson untuk berlayar menuju ke arah timur dari India ke Cina. Selain itu, adanya selat malaka yang dipergunakan sebagai tempat transit kapal - kapal untuk mengirimkan komoditas dari India ke Cina yang disebut dengan jalur sutra, disebut sebagai jalur sutra karena komoditas yang diperjualbelikan yaitu berupa kain sutra, rempah – rempah, dan juga wewangian. Peralihan jalur atau rute perdagangan dari jalur darat menuju jalur laut tersebut juga memberikan keuntungan untuk masyarakat yang ada di Indonesia. Masyarakat yang ada di Indonesia juga ternyata ikut aktif di dalam perdagangan tersebut, sehingga kemudian terjadilah kontak hubungan di antara keduanya (Indonesia – Cina dan Indonesia - India).
(Pembahasan Soal Evaluasi "Esai Nomor 4" Hal. 60-62 IPS Kelas 8 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga Bagaimana pendapat kalian tentang teman yang berbuat curang ketika ujian sekolah dan apa yang akan kalian lakukan? Apakah perilaku tersebut telah melanggar norma? Jelaskan! [Soal Evaluasi Hal. 60-62 IPS SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai “Bagaimana hubungan proses geografis dengan kedatangan bangsa - bangsa asing di Indonesia?”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.