Perhatikan Kurva Keseimbangan Tenaga Kerja Berikut Ini ! S = Labour Supply (Penawaran Tenaga Kerja) D = Labour Demand (Permintaan Tenaga Kerja). 1) Berada Di Titik Manakah Ketika Pengangguran Terjadi? 2) Berada Di Titik Manakah Saat Terjadi Kelebihan Permintaan Tenaga Kerja? 3) Jelaskan Hubungan Upah Dengan Jumlah Tenaga Kerja Dalam Permintaan Dan Penawaran Tenaga Kerja? [Soal “Pengayaan” Hal. 111 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Perhatikan kurva keseimbangan tenaga kerja berikut ini ! S = Labour supply (penawaran tenaga kerja) D = Labour demand (permintaan tenaga kerja). 1) Berada di titik manakah ketika pengangguran terjadi? 2) Berada di titik manakah saat terjadi kelebihan permintaan tenaga kerja? 3) Jelaskan hubungan upah dengan jumlah tenaga kerja dalam permintaan dan penawaran tenaga kerja? [Soal “Pengayaan” Hal. 111 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka] - Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Ekonomi, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Ekonomi ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal “Pengayaan” Halaman 111 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka
Soal :
Perhatikan kurva keseimbangan tenaga kerja berikut ini !
S = Labour supply (penawaran tenaga kerja)
D = Labour demand (permintaan tenaga kerja).
1) Berada di titik manakah ketika pengangguran terjadi?
2) Berada di titik manakah saat terjadi kelebihan permintaan tenaga kerja?
3) Jelaskan hubungan upah dengan jumlah tenaga kerja dalam permintaan dan penawaran tenaga kerja?
(Pembahasan Soal Asesmen Nomor 1 Hal. 111 Ekonomi Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga Jelaskan mengapa terkadang pengangguran disebut sebagai “sumber daya yang tersia – siakan”! [Soal Asesmen Hal. 111 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Jawaban Dan Pembahasan : (Soal “Pengayaan” Halaman 111)
1) Berdasarkan gambar kurva yang terdapat pada soal “pengayaan” di atas, titik ketika pengangguran terjadi yaitu di titik A.
2) Berdasarkan gambar kurva yang terdapat pada soal “pengayaan” di atas, titik saat terjadi kelebihan permintaan tenaga kerja yaitu di titik B.
3) Hubungan upah dengan jumlah tenaga kerja dalam permintaan dan penawaran tenaga kerja yaitu semakin tinggi upah maka penawaran tenaga kerja akan semakin tinggi, dan semakin tinggi upah maka permintaan tenaga kerja akan turun.
(Pembahasan Soal Asesmen Nomor 2 Hal. 111 Ekonomi Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga Identifikasi keuntungan yang akan diperoleh apabila tingkat pengangguran mengalami penurunan! [Soal Asesmen Hal. 111 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Itu dia tadi pembahasan soal Ekonomi mengenai “Perhatikan kurva keseimbangan tenaga kerja berikut ini ! S = Labour supply (penawaran tenaga kerja) D = Labour demand (permintaan tenaga kerja). 1) Berada di titik manakah ketika pengangguran terjadi? 2) Berada di titik manakah saat terjadi kelebihan permintaan tenaga kerja? 3) Jelaskan hubungan upah dengan jumlah tenaga kerja dalam permintaan dan penawaran tenaga kerja?”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.