Sitemap
- 1. Ada Berapa Jenis Sel Yang Mendukung Retina Mata? Sebutkan! 2. Apakah Fungsi Dari Setiap Sel Tersebut Sama Atau Berbeda? [Soal Aktivitas 1.7 Hal. 13-15 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- 1. Apa Saja Kandungan Sitoplasma Sel Tumbuhan? 2. Apakah Fungsi Sitoplasma Sel Tumbuhan? 3. Apakah Kandungan Sitoplasma Sama Di Setiap Sel Organisme? [Soal Aktivitas 1.11 Hal. 20 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- 1. Apa Yang Menyebabkan Tanaman Yang Ditanam Dalam Sistem Hidroponik Menggunakan Air Lebih Sedikit Dibandingkan Tanaman Yang Ditanam Di Atas Tanah? 2. Fitur Sistem Hidroponik Apa Yang Menyebabkan Hal Tersebut Terjadi? [Soal Uji Kompetensi Hal. 86-87 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- 1. Apakah Mitokondria Dalam Sel-Sel Otot Jantung Sangat Penting Untuk Mendukung Fungsi Organ Jantung? Jelaskan! 2. Sebutkan Informasi Apakah Yang Memperkuat Dugaan Bahwa Mitokondria Yang Terkandung Dalam Sel-Sel Jantung Memiliki Fungsi Yang Sangat Penting! [Soal Aktivitas 1.8 Hal. 16 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- 1. Benarkah Semua Sel Memiliki Membran Plasma, Sitoplasma, Dan Inti Sel? 2. Apakah Fungsi Dari Membran Plasma, Sitoplasma, Dan Inti Sel? 3. Apakah Struktur Membran Plasma, Sitoplasma, Dan Inti Sel Sama Di Setiap Sel Organisme? [Soal Aktivitas 1.9 Hal. 18 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- 1. Berdasarkan Analisismu Mengenai Proses Filtrasi Yang Tertera Pada Gambar Di Atas, Di Bagian Mana Terdapat Garam Dengan Konsentrasi Tertinggi? Jelaskan Mengapa Hal Tersebut Dapat Terjadi! [Soal Uji Kompetensi Hal. 53-55 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- 1. Dalam Rangka Mempercepat Pertumbuhan Ikan, Petani Budidaya Ikan Air Tawar Biasanya Memberikan Pakan Buatan Secara Intensif (Berlebih). Jelaskan Dampak Buruk Dari Pemberian Pakan Secara Berlebih Untuk Kehidupan Ikan? [Soal Uji Kompetensi Hal. 265-267 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- 1. Jika Gambar Yang Terlihat Saat Pengamatan Menggunakan Mikroskop Cahaya Masih Buram, Apakah Komponen Mikroskop Yang Harus Kalian Atur Agar Gambar Tampak Jelas? [Soal Uji Kompetensi Hal. 25-26 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- 2. Apabila Bagian Sel Yang Ditunjuk Mengalami Gangguan Atau Bahkan Menghilang, Jelaskan Dampaknya! (Bagian Sel Yang Ditunjuk Adalah Vakuola) [Soal Uji Kompetensi Hal. 25-26 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- 2. Jelaskan Upaya Pencegahan Yang Sebaiknya Dilakukan Agar Anak Yang Dilahirkan Tidak Mengalami Kelainan Pada Pertumbuhannya! [Soal Uji Kompetensi Hal. 265-267 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- 2. Mengapa Proses Pembuatan Air Minum Yang Berasal Dari Air Laut Menggunakan Prinsip Osmosis Terbalik, Bukan Dengan Menggunakan Jenis Transportasi Lainnya (Osmosis Biasa, Difusi, Dan Transpor Aktif)? 3. Bagaimana Peran Alat Pompa Pada Proses Tersebut? [Soal Uji Kompetensi Hal. 53-55 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- 3. Catatlah Nama Bagian-Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Sesuai Dengan Penjelasan Yang Diberikan! [Soal Aktivitas 1.4 Hal. 10 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- 3. Jaringan Sklerenkim Merupakan Jaringan Yang Berfungsi Menopang Dan Memberikan Bentuk Pada Tumbuhan. Uraikan Organel-Organel Sel Apa Saja Yang Berperan Terhadap Fungsi Sklerenkim Tersebut! [Soal Uji Kompetensi Hal. 25-26 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- 4. Sudah 2 Hari Suhu Tubuh Andi Meningkat Hingga Suhu Tubuhnya Mencapai 39°C. Andi Juga Sering Memuntahkan Makanan Yang Ia Makan Dan Buang Air Besar Secara Terus-Menerus. Hal Ini Berdampak Pada Tubuh Andi Yang Terasa Lemas. Oleh Karena Itu, Ibu Andi Membawa Andi Ke Rumah Sakit. Setibanya Di Rumah Sakit, Andi Langsung Diinfus Agar Tubuh Andi Tidak Kekurangan Cairan Dan Zat-Zat Yang Dibutuhkan. Menurutmu, Seperti Apa Kondisi Cairan Yang Dimasukkan Ke Dalam Tubuh Andi (Hipotonis/ Isotonis/ Hipertonis) Terhadap Darah Andi? Jelaskan Mengapa Demikian? [Soal Uji Kompetensi Hal. 53-55 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- 5. Perhatikan Gambar Di Bawah Ini! Seorang Siswa Melakukan Penelitian Untuk Mengukur Konsentrasi Suatu Zat Terlarut Di Bagian Intraseluler Dan Ekstraseluler Selama Beberapa Waktu. Datanya Ditampilkan Dalam Gambar Di Atas. Menurut Siswa Tersebut, Gambar Itu Merupakan Hasil Aktivitas Transpor Aktif. Menurut Kalian, Apakah Pendapat Siswa Tersebut Benar? Jelaskan Alasannya! [Soal Uji Kompetensi Hal. 53-55 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Amati Gambar 2.9 Dengan Saksama! Berdasarkan Gambar 2.9 Diskusikan Dan Jawablah Pertanyaan-Pertanyaan Berikut! 1. Bandingkan Konsentrasi Oksigen Di Dalam Alveolus Dan Sel Darah Merah Di Dalam Pembuluh Kapiler, Manakah Yang Konsentrasi Oksigennya Lebih Tinggi? 2. Bandingkan Konsentrasi Karbon Dioksida Di Alveolus Dan Dalam Sel Darah Merah Dalam Pembuluh Kapiler, Manakah Yang Konsentrasi Karbon Dioksidanya Lebih Tinggi? 3. Bagaimana Perpindahan Atau Pergerakan Oksigen Dan Karbon Dioksida? 4. Apakah Yang Akan Terjadi Jika Pertukaran Oksigen Dan Karbon Dioksida Di Alveolus Dan Kapiler Darah Tersebut Terganggu? Faktor Apa Sajakah Yang Dapat Menyebabkan Gangguan Pertukaran Oksigen Dan Karbon Dioksida? Perkuat Pendapat Kalian Dengan Penjelasan Konsep Dari Literatur/Bahan Bacaan Yang Tersedia. [Soal Aktivitas 2.13 Hal. 47-48 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Berdasarkan Diagram Di Atas, Ceritakan Kembali Dengan Bahasa Sendiri Di Hadapan Teman Kalian, Peranan Masing-Masing Hormon Tumbuhan Dalam Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan! [Soal Aktivitas 8.5 Hal. 256 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Berdasarkan Gambar 2.1, Jawablah Pertanyaan-Pertanyaan Berikut! 1. Berdasarkan Kemampuannya Dalam Berikatan Dengan Zat Tertentu, Ada Dua Bagian Di Struktur Membran Plasma. Bagian Apakah Yang Dimaksud? 2. Apa Sajakah Komponen Struktur Membran Plasma Yang Dapat Kalian Identifikasi Di Kedua Bagian Struktur Membran? 3. Apakah Kalian Mengetahui Fungsi Spesifik Dari Setiap Komponen Struktur Membran Plasma Tersebut? [Soal Aktivitas 2.1 Hal. 32-33 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Berdasarkan Gambar 2.3 Jawab Pertanyaan Berikut Ini! 1. Bandingkan Konsentrasi Molekul Air Dalam Tabung U Yang Terpisah Oleh Membran Semi Permiabel. Apakah Sama Atau Berbeda? 2. Bagaimana Kecenderungan Air Akan Berpindah Tempat (Potensial Air) Dalam Tabung U Tersebut Menurut Kalian? 3. Sebutkan Arah Perpindahan Molekul Air Yang Terlihat Ketika Osmosis Terjadi! 4. Apakah Yang Terjadi Dengan Molekul Zat Terlarut Yang Ada Di Dalam Tabung U Tersebut? Diskusikan Jawaban Kalian Tentang Proses Osmosis Ini Dengan Teman Dalam Satu Kelompok Di Kelas. Sampaikan Hasil Diskusi Kalian Kepada Bapak/Ibu Guru. [Soal Aktivitas 2.6 Hal. 38 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Berdasarkan Gambar 2.8, Jawablah Pertanyaan-Pertanyaan Berikut! 1. Variabel (Keterangan) Apakah Yang Ditunjukkan Oleh Sumbu X Dan Sumbu Y Dalam Grafik Tersebut? 2. Perhatikan Arah Pergerakan Zat, Dari Titik Mana Zat Itu Mulai Bergerak? 3. Perhatikan Titik A Dan Titik B Lalu Bandingkan Konsentrasi Zat Di Kedua Titik Tersebut! Di Titik Manakah Konsentrasi Zat Terlihat Lebih Tinggi? Di Titik Manakah Konsentrasi Zat Terlihat Lebih Rendah? 4. Perhatikan Garis Merah Di Gambar 2.8, Garis Tersebut Menunjukkan Gradien Konsentrasi Zat, Bagaimana Hubungan Antara Pergerakan Zat Dan Gradien Konsetrasi? [Soal Aktivitas 2.12 Hal. 45-46 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Berdasarkan Informasi Pada Gambar, Jawablah Pertanyaan Berikut! 1. Mengapa Kapiler Memiliki Luas Permukaan Terbesar Di Antara Tipe Pembuluh Lainnya? 2. Mengapa Data Luas Permukaan Pembuluh Kapiler Berbanding Terbalik Dengan Kecepatan Aliran? 3. Dengan Kecepatan Aliran Yang Lebih Lambat, Apakah Hal Tersebut Menguntungkan Proses Pertukaran Zat Di Kapiler? Jelaskan! [Soal Aktivitas 4.5 Hal. 101 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Berdasarkan Pemahaman Kalian, Tuliskan Organ Mana Yang Memiliki Peran Penyerapan Zat Makanan! Tuliskan Jawaban Pada Catatan Masing-Masing Untuk Memudahkan Kalian Dalam Memahami Kembali Materi Pada Bab Ini! [Soal Latihan 4.3 Hal. 104 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Buatlah Kesimpulan Mengenai Jaringan Floem Dan Xilem Hasil Penyelidikan Kalian! [Soal Aktivitas 3.6 Hal. 73-74 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Buatlah Kesimpulan Mengenai Jaringan Pada Akar Monokotil Dan Dikotil! [Soal Aktivitas 3.4 Hal. 66-68 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Buatlah Kesimpulan Mengenai Jaringan Penyusun Batang Monokotil Dan Dikotil Berdasarkan Hasil Penyelidikan Kalian! [Soal Aktivitas 3.3 Hal. 64-66 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Buatlah Kesimpulan Mengenai Jaringan Penyusun Daun Monokotil Dan Dikotil Berdasarkan Hasil Penyelidikan Kalian! [Soal Aktivitas 3.2 Hal. 62-64 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Dua Kecambah Diletakkan Di Suatu Tempat, Kecambah Yang Satu Terkena Cahaya Sedangkan Yang Lain Tidak Terkena Cahaya. Beberapa Kecambah Yang Diletakkan Di Tempat Gelap, Jauh Lebih Panjang Daripada Kecambah Yang Diletakkan Di Tempat Yang Terang. Hal Ini Menunjukkan Bahwa. [Soal Uji Kompetensi Hal. 265-267 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Grafik Berikut Menunjukkan Perubahan Jumlah Konsentrasi Antibodi Dalam Plasma Darah Seiring Waktu Sebagai Respon Terhadap Dua Periode Infeksi. Berdasarkan Interpretasi Kalian Terhadap Informasi Dalam Grafik Di Atas, Jawablah Pertanyaan-Pertanyaan Berikut: 1. Mengapa Jumlah Antibodi Lebih Banyak Diproduksi Setelah Paparan Patogen Yang Ke Dua? 2. Apa Yang Akan Terjadi Jika Pada Paparan Ke Dua, Patogen Telah Mengalami Perubahan Struktur Tubuhnya? Apakah Akan Memicu Respon Humoral Yang Sama? [Soal Aktivitas 5.8 Hal. 151 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Identifikasi Bagian-Bagian Bunga Beserta Fungsinya, Kemudian Sajikan Hasilnya Dalam Bentuk Tabel! [Soal Aktivitas 3.10 Hal. 80 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Jaringan Apa Saja Yang Kalian Amati Pada Akar Monokotil? Jaringan Apa Yang Kalian Amati Pada Akar Dikotil? Apakah Pola Jaringan Akar Pada Kedua Tumbuhan Yang Kalian Amati Sama? Bandingkan Jaringan Pada Tumbuhan Monokotil Dan Dikotil Yang Telah Kalian Amati! [Soal Aktivitas 3.4 Hal. 66-68 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Jaringan Apa Saja Yang Kalian Amati Sebagai Penyusun Batang Monokotil? Jaringan Apa Yang Kalian Amati Sebagai Penyusun Batang Dikotil? Apakah Pola Jaringan Batang Tumbuhan Monokotil Dan Dikotil Yang Kalian Amati Sama? Bandingkan Jaringan Pada Tumbuhan Monokotil Dan Dikotil Yang Telah Kalian Amati! [Soal Aktivitas 3.3 Hal. 64-66 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Jaringan Apa Saja Yang Kalian Amati Sebagai Penyusun Daun Monokotil? Jaringan Apa Yang Kalian Amati Sebagai Penyusun Daun Dikotil? Apakah Pola Jaringan Penyusun Daun Monokotil Dan Dikotil Sama? Bandingkan Pola Jaringan Tumbuhan Monokotil Dan Dikotil Yang Telah Kalian Amati! [Soal Aktivitas 3.2 Hal. 62-64 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Jelaskan Komponen Mana Yang Berperan Dalam Pengangkutan Zat! Zat Apa Saja Yang Dapat Diangkut Oleh Darah? [Soal Latihan 4.2 Hal. 102 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Kalian Telah Mengingat Kembali Tentang Jaringan Dasar Pada Tubuh Manusia. Berdasarkan Topik Bahasan Pada Bab Ini, Jaringan Dasar Manakah Yang Paling Berperan Dalam Pertukaran Dan Transpor Zat Pada Tubuh? Jelaskan! Alasan Jawaban Kalian! [Soal Latihan 4.1 Hal. 97 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Pelajari Gambar 2.10 Berikut Ini. Ingat Kembali Struktur Membran Plasma Yang Sudah Kalian Pelajari Di Bab Sebelumnya. Apakah Kalian Tahu Peran Glukosa Dalam Tubuh? Glukosa Berperan Sebagai Sumber Energi Sel. Berdasarkan Gambar 2.10 Jawab Pertanyaan Berikut Ini! 1. Bagaimana Perbandingan Konsentrasi Glukosa Di Luar Dan Di Dalam Sel? 2. Perhatikan Arah Panah Pergerakan Glukosa, Dari Mana Glukosa Bergerak? 3. Komponen Apa Dari Struktur Membran Plasma Yang Dilalui Glukosa Ketika Bergerak? 4. Mengapa Pergerakan Glukosa Harus Difasilitasi Oleh Komponen Tertentu Dari Struktur Membran Plasma? 5. Mungkinkah Terjadi Gangguan Terhadap Pergerakan Glukosa? Apakah Yang Terjadi Jika Terdapat Gangguan Terhadap Proses Pergerakan Glukosa Ketika Melintasi Membran Plasma? [Soal Aktivitas 2.14 Hal. 48-49 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Perhatikan Gambar 2.11 Dengan Saksama! Berdasarkan Gambar 2.11, Jawablah Dan Diskusikan Pertanyaan-pertanyaan Berikut! 1. Berdasarkan Konsentrasi Zatnya, Darimanakah Pergerakan Zat Yang Terjadi Secara Transpor Aktif? 2. Perhatikan Gradien Konsentrasinya, Ketika Transpor Aktif Terjadi Apakah Zat Bergerak Searah Dengan Penurunan Gradien Konsentrasi Atau “Melawan” Gradien Konsentrasi? 3. Faktor Apakah Yang Menyebabkan Perpindahan Zat Secara Transpor Aktif? 4. Zat Apa Sajakah Yang Perpindahannya Dilakukan Dengan Cara Transpor Aktif? 5. Apakah Transpor Aktif Terjadi Dalam Sel? Di Bagian Manakah Dari Organ Tubuh Transpor Aktif Zat Terjadi? [Soal Aktivitas 2.15 (Soal Untuk Gambar 2.11) Hal. 50-51 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Perhatikan Gambar 2.12 Dengan Saksama! Berdasarkan Gambar 2.12, Jawablah Pertanyaan-Pertanyaan Berikut! 1. Bagaimana Konsentrasi Molekul Zat Natrium Di Dalam Sel? 2. Bagaimana Arah Perpindahan Molekul Zat Natrium Tersebut? 3. Bagaimana Konsentrasi Molekul Zat Kalium Di Dalam Sel? 4. Bagaimana Arah Perpindahan Molekul Zat Kalium Tersebut? 5. Apakah Struktur Yang Membantu Molekul Zat Natrium Dan Kalium Berpindah Melintasi Membran Sel? [Soal Aktivitas 2.15 (Soal Untuk Gambar 2.12) Hal. 50-51 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Sel Apa Saja Yang Kalian Amati Menyusun Jaringan Xilem? Apakah Terdapat Perbedaan Antara Sel-Sel Yang Kalian Amati Pada Floem Dan Xilem? Bagaimana Kondisi Sel-Sel Tersebut? Apakah Hidup Atau Mati? Mengapa Sel-Sel Penyusun Jaringan Xilem Harus Demikian Kondisinya? Hubungkan Dengan Fungsi Dari Xilem! [Soal Aktivitas 3.6 Hal. 73-74 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Sel Apa Saja Yang Kalian Temukan Pada Jaringan Floem? Bagaimana Kondisi Sel-Sel Tersebut? Apakah Hidup Atau Mati? Mengapa Sel-Sel Jaringan Floem Harus Demikian Kondisinya? Hubungkan Dengan Fungsi Dari Floem! [Soal Aktivitas 3.6 Hal. 73-74 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Untuk Memudahkan Kalian Mempelajari Kembali Perbedaan Neutrofil Dan Makrofag Dalam Sistem Pertahanan Tubuh Manusia, Lengkapilah Tabel 5.5 Berikut! Tabel 5.5 Perbandingan Perbedaan Neutrofil Dan Makrofag. [Soal Aktivitas 5.6 Hal. 147 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Bagaimana Cara Generasi Muda Memaknai Dan Mempertahankan Kemerdekaan Yang Telah Diperjuangkan Oleh Pahlawan? [Soal Evaluasi Hal. 217-219 IPS SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Bagaimana Hubungan Proses Geografis Dengan Kedatangan Bangsa - Bangsa Asing Di Indonesia? [Soal Evaluasi Hal. 60-62 IPS SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Bagaimana Pendapat Kalian Mengenai Pentingnya Mempelajari Sejarah Keluarga? [Soal Evaluasi Hal. 59-65 IPS SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka]
- Bagaimana Pendapat Kalian Tentang Aksi Deklarasi Anti-Nyontek? Apa Yang Akan Kalian Lakukan Jika Ada Teman Yang Berbuat Curang Dan Ingin Mengajak Kalian Berbuat Curang Ketika Ujian Sekolah? [Soal Evaluasi Hal. 59-65 IPS SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka]
- Bagaimana Pendapat Kalian Tentang Teman Yang Berbuat Curang Ketika Ujian Sekolah Dan Apa Yang Akan Kalian Lakukan? Apakah Perilaku Tersebut Telah Melanggar Norma? Jelaskan! [Soal Evaluasi Hal. 60-62 IPS SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Bagaimana Pengaruh Iklim Terhadap Keragaman Sosial Budaya Di Indonesia? [Soal Evaluasi Hal. 60-62 IPS SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Bagaimana Pengaruh Letak Geografis Terhadap Penjelajahan Kolonialisme Dan Imperilisme Di Indonesia? Bagaimana Perubahan Yang Dialami Masyarakat Indonesia Akibat Adanya Kolonialisme Dan Imperialisme Di Indonesia! [Soal Evaluasi Hal. 217-219 IPS SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Bagaimana Solusi Pemerataan Pembangunan Agar Tidak Menimbulkan Konflik Dalam Kehidupan Masyarakat? [Soal Evaluasi Hal. 217-219 IPS SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Berikut Ini Adalah Perbedaan Perdagangan Dalam Negeri Dengan Perdagangan Luar Negeri: (1) Jangkauan Wilayahnya Sempit (2) Sistem Distribusinya Tidak Langsung (3) Persaingan Ketat (4) Cara Pembayaran Menggunakan Satu Macam Mata Uang, Yang Merupakan Ciri Dari Perdagangan Luar Negeri Adalah. [Soal Evaluasi Hal. 294-296 IPS SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Bumi Diciptakan Dalam Proses Yang Cukup Lama Hingga Stabil Dan Mengalami Proses Penyempurnaan Dengan Berbagai Fenomena Alam Di Setiap Pembagain Zamannya Dalam Pembentukan Bumi. Bagaimana Ciri-Ciri Dari Zaman Hidup Baru/Neozoikum? [Soal Evaluasi Hal. 121-125 IPS SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka]
- Cuaca Dan Iklim Sangat Berpengaruh Terhadap Kehidupan Manusia. Iklim Di Indonesia Merupakan Iklim Tropis Sehingga Menyebabkan Terjadinya Dua Musim Yaitu Kemarau Dan Penghujan. Setiap Awal Oktober Hingga Bulan April Indonesia Mengalami Musim Penghujan. Dampak Dari Musim Penghujan Bagi Kehidupan Manusia Adalah ... [Soal Evaluasi Hal. 138-140 IPS SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Deskripsikan Salah Satu Kerajaan Islam Yang Berkembang Di Indonesia Bagian Barat! [Soal Evaluasi Hal. 138-140 IPS SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Hitunglah Skala Peta Jika Diketahui Jarak Desa R Dengan Desa M Adalah 20 Km, Sedangkan Jarak Di Peta 4cm! [Soal Evaluasi Hal. 59-65 IPS SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka]
- Hutan Dapat Berfungsi Sebagai Hutan Produksi, Hutan Lindung Dan Hutan Konservasi. Berikut Merupakan Fungsi Hutan Dalam Kegiatan Produksi Adalah .... [Soal Evaluasi Hal. 195-199 IPS SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka]
- Indonesia Memiliki Banyak Gunungapi Aktif. Jalur Pegunungan Di Indonesia Membentang Dari Ujung Utara Sumatra Memanjang Melalui Pantai Barat Sumatra, Melewati Pulau Jawa, Nusa Tenggara, Banda, Sulawesi, Dan Halmahera. Jumlah Gunung Aktif Di Indonesia Sebanyak 127 Gunungapi Aktif. Dampak Tersebut Merupakan Dampak Dari Adanya ... [Soal Evaluasi Hal. 60-62 IPS SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Jelaskan Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial Yang Terjadi Di Masyarakat Lingkungan Tempat Tinggalmu! Berikan Contoh Dari Masing-Masing Bentuk Mobilitas Sosial! [Soal Evaluasi Hal. 138-140 IPS SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Jelaskan Pengertian Kegiatan Impor Dan Ekspor! [Soal Evaluasi Hal. 294-296 IPS SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Kegiatan Ekonomi Yang Dilakukan Oleh Masyarakat Sangat Beragam Untuk Memenuhi Kebutuhan Hidupnya Yakni Produksi, Konsumsi Dan Distribusi. Jelaskan Kegiatan Ekonomi Yang Ada Di Sekitar Lingkungan Tempat Tinggalmu! Kemudian, Berikan Contohnya Dari Masing-Masing Kegiatan Ekonomi! [Soal Evaluasi Hal. 138-140 IPS SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Kota A Merupakan Salah Satu Kota Yang Memiliki Penduduk Padat. Jumlah Penduduk Lahir Adalah 560 Dan Jumlah Penduduk Mati Adalah 330. Sedangkan Jumlah Penduduk Yang Bekerja Di Luar Negeri Berjumlah 68 Dan Jumlah Penduduk Yang Kembali Dari Luar Sebanyak 147. Hitunglah Pertumbuhan Penduduk Kota A Di Tahun Ini! [Soal Evaluasi Hal. 138-140 IPS SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Makhluk Hidup Yang Muncul Di Awal Permukaan Bumi Menandakan Bumi Sudah Mulai Stabil Pada Zaman.... [Soal Evaluasi Hal. 121-125 IPS SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka]
- Mengapa Pada Masa Awal Kemerdekaan Indonesia, Kondisi Ekonomi Di Indonesia Sangat Lemah Disebabkan Oleh Kondisi Politik? [Soal Evaluasi Hal. 294-296 IPS SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Pada Saat Kemajuan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Saat Ini Kegiatan Jual Beli Antarnegara Dapat Dilakukan Oleh Siapa Saja. Bagaimana Caramu Untuk Mendapatkan Barang-Barang Dari Luar Negeri Dengan Memanfaatkan Kemajuan Teknologi Dan Informasi? [Soal Evaluasi Hal. 294-296 IPS SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Pekembangan Manusia Zaman Praaksara Mengalami Perkembangan Dari Masa Ke Masa Di Mana Mereka Dapat Beradaptasi Dengan Kondisi Alam Yang Selalu Berubah. Bagaimana Interaksi Manusia Praaksara Dengan Alam Dan Sesama Manusia Pada Masa Bercocok Tanam? [Soal Evaluasi Hal. 121-125 IPS SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka]
- Penjelajahan Samudra Yang Dilakukan Bangsa Barat Terdiri Dari 2 Jenis, Yaitu Imperialisme Kuno Dan Imperialisme Modern. Tujuan Utama Yang Akan Dicapai Pada Masa Imperialisme Modern Mengarah Pada Bidang Sosial Dan Ekonomi.. Hal Tersebut Sesuai Dengan Pernyataan Di Bawah Ini, Yaitu... [Soal Evaluasi Hal. 217-219 IPS SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Peradaban Islam Mulai Masuk Ke Nusantara Secara Cepat Dan Menggantikan Peradaban Hindu-Buddha. Ada Beberapa Metode Yang Digunakan Dalam Penyebaran Islam Di Nusantara Yaitu Perdagangan, Pernikahan, Pendidikan, Seni Budaya, Dakwah, Dan Tasawuf. Di Antara Metode Penyebaran Islam Di Nusantara, Manakah Yang Paling Memengaruhi Penyebaran Islam? Jelaskan Alasannya! [Soal Evaluasi Hal. 195-199 IPS SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka]
- Perkembangan Penduduk Dunia Begitu Pesat. Bagaimana Dampak Positif Pertumbuhan Penduduk Tersebut Bagi Pembangunan Nasional? [Soal Evaluasi Hal. 294-296 IPS SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Potensi Sumber Daya Alam Yang Dimanfaatkan Secara Terus Menerus Mengakibatkan Perubahan Bagi Kelangsungan Alam. Salah Satu Dampak Perubahan Alam Yang Terjadi Adalah Menurunnya Daya Dukung Lingkungan Terhadap Kehidupan Manusia. Jelaskan Faktor Yang Menyebabkan Perubahan Potensi Sumber Daya Alam! [Soal Evaluasi Hal. 60-62 IPS SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Salah Satu Teori Asal Muasal Leluhur Bangsa Indonesia Menyebutkan Bahwa Bangsa Indonesia Berasal Dari Taiwan Yang Disebut Out Of Taiwan. Bagaimana Tahapan Migrasi Leluhur Indonesia Berdasarkan Teori Out Of Taiwan? [Soal Evaluasi Hal. 121-125 IPS SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka]
- Sejarah Perlu Dipelajari Karena Bisa Memberikan Informasi Tentang Peristiwa-Peristiwa Yang Terjadi Pada Masa Lampau. Manusia, Waktu, Dan Ruang Memiliki Keterkaitan Dalam Sejarah Karena .... [Soal Evaluasi Hal. 59-65 IPS SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka]
- Status Sosial Seseorang Dalam Masyarakat Dapat Berubah Selama Hidupnya. Sebutkan 3 Jenis Status Sosial Dalam Masyarakat! [Soal Evaluasi Hal. 195-199 IPS SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka]
- Suatu Bangsa Berinteraksi Dengan Bangsa Lainnya Yang Menghasilkan Kebudayaan Baru Dari Interaksi Tersebut. Jelaskan Faktor Pendukung Dari Kebudayaan Baru Yang Dihasilkan Dari Interaksi Dari Kedua Bangsa? [Soal Evaluasi Hal. 121-125 IPS SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka]
- Terdapat Teori Masuknya Agama Hindu-Buddha Ke Indonesia. Teori Apa Yang Paling Kuat Menurut Pendapatmu? Jelaskan Alasan Dan Bukti-Buktinya! [Soal Evaluasi Hal. 60-62 IPS SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Tujuan Produksi Secara Umum Adalah Untuk Memenuhi Kebutuhan Masyarakat. Produksi Dipengaruhi Oleh Beberapa Faktor. Jelaskan Faktor Yang Memengaruhi Produksi! [Soal Evaluasi Hal. 195-199 IPS SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka]
- Uraikanlah Proses Masuknya Agama Islam Ke Indonesia! [Soal Evaluasi Hal. 138-140 IPS SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Apa Dampak Yang Akan Terjadi Apabila Fungsi Manajemen Tidak Diterapkan Dalam Suatu Organisasi Atau Badan Usaha? Berikan Pendapat Kalian! [Soal Asesmen Hal. 45 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Apa Peran Yang Dapat Kalian Lakukan Dalam Upaya Untuk Mengatasi Pengangguran? [Soal Asesmen Hal. 111 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Apa Yang Dimaksud Dengan Simpanan Wajib? Jelaskan Bagaimana Status Simpanan Wajib Tersebut Apabila Anggotanya Mengundurkan Diri Dari Keanggotaan Koperasi! [Soal Asesmen Hal. 45 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Apa Yang Kalian Ketahui Tentang Stabilitas Ekonomi? Jelaskan! [Soal Asesmen Hal. 191 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Berikut Ini Merupakan Data Keuangan Koperasi Tanjung Pandan Makmur: • Total SHU Tahun 2021 Rp90.000.000,00 • Simpanan Wajib Rp50.000.000,00 • Simpanan Pokok Rp28.000.000,00 • Omset Penjualan Koperasi Selama Satu Tahun Rp102.000.000,00. Dari SHU Tersebut Dialokasikan: • Jasa Simpanan Sebesar 40% • Jasa Usaha Sebesar 30% • Cadangan Koperasi 20% • Dana Pendidikan 10%. Heri Merupakan Salah Satu Anggota Koperasi Yang Memiliki Simpanan Pokok Sebesar Rp1.500.000,00 Dan Simpanan Wajib Sebesar Rp5.000.000,00. Selama Setahun, Heri Melakukan Pembelian Di Koperasi Senilai Rp1.500.000,00. Hitunglah Besaran SHU Yang Diterima Heri. [Soal “Lembar Aktivitas 8 : Menghitung SHU” Hal. 30-31 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Dalam Undang-Undang Pemerintah Diperbolehkan Melakukan Privatisasi. Apa Yang Kalian Ketahui Tentang Privatisasi? Analisis Sebab Dan Dampak Pemerintah Melakukan Privatisasi BUMN! [Soal Asesmen Hal. 45 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Diantara Pengangguran Friksional, Struktural, Dan Siklis Manakah Dari Ketiga Jenis Pengangguran Tersebut Yang Paling Sering Kalian Temui? Jelaskan Berdasarkan Pengalaman Kalian Masing-Masing! [Soal Asesmen Hal. 111 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Diketahui Data Milik Suatu Negara Sebagai Berikut (Dalam Miliar Rupiah). PDB/GDP 4.950 Pendapatan WNA Di Negara Tersebut 820 Penyusutan 600 Pajak Tidak Langsung 350 Transfer Payment 130 Pajak Perseroan 110 Laba Ditahan 105 Iuran Asuransi 120 Berdasarkan Data Tersebut Pendapatan Perseorangan/Personal Income Sebesar .... [Soal “Lembar Aktivitas 5 : Menghitung Pendapatan Nasional” Hal. 61 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Identifikasi Keuntungan Yang Akan Diperoleh Apabila Tingkat Pengangguran Mengalami Penurunan! [Soal Asesmen Hal. 111 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Inflasi Bisa Diatasi Salah Satunya Dengan Menerapkan Kebijakan Moneter. Apa Yang Kalian Ketahui Tentang Kebijakan Moneter? Uraikan Upaya Pemerintah Dalam Mengatasi Inflasi Dengan Kebijakan Ini! [Soal Asesmen Hal. 153 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Jelaskan Mengapa Terkadang Pengangguran Disebut Sebagai “Sumber Daya Yang Tersia – Siakan”! [Soal Asesmen Hal. 111 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Jelaskan Menurut Pendapat Kalian, Mengapa Jumlah Peredaran Uang Harus Diatur! [Soal Asesmen Hal. 191 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Jika Diketahui Negara “A” Mempunyai Gross National Product Pada Tahun 2021 Sebesar 550.080 Juta US$ Dan Jumlah Penduduk 100 Juta Jiwa. Hitunglah Pendapatan Per Kapita Negara “A”! [Soal Asesmen Hal. 80-81 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Kapan Waktu Yang Tepat Bagi Pemerintah Untuk Menerapkan Kebijakan Moneter Ekspansif Dan Kontraktif? [Soal Asesmen Hal. 191 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Keyness Dikenal Karena Salah Satu Teorinya Yaitu Liquidity Preference Of Money. Teori Tersebut Menyatakan Bahwa Terdapat 3 Alasan Utama Orang Memegang Uang. Jelaskan Ketiga Alasan Tersebut! [Soal Asesmen Hal. 153 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Koperasi Digadang-Gadang Menjadi Soko Guru Perekonomian Indonesia. Akan Tetapi Pada Kenyataannya Belum Banyak Koperasi Yang Berkembang Sebagaimana Seharusnya. Jelaskan Bagaimana Upaya Yang Seharusnya Dilakukan Oleh Pemerintah Agar Keberlangsungan Koperasi Tetap Berjalan! [Soal Asesmen Hal. 45 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Koperasi Konsumsi ’’Sehati” Memiliki Data Keuangan Sebagai Berikut: • Simpanan Pokok Tiap Anggota Rp6.000.000,00 • Simpanan Wajib Seluruh Anggota Sebesar Rp22.000.000,00 • SHU Yang Diperoleh Sebesar Rp56.000.000,00 Dan Omset Penjualan Selama Setahun Sebesar Rp168.000.000,00. Pembagian SHU Menurut Rapat Anggota: • Jasa Modal/Simpanan 25% • Jasa Anggota 30%. Jika Melani Anggota Aktif Koperasi Yang Telah Membayar Simpanan Pokok Dan Simpanan Wajibnya Sebesar Rp600.000,00 Sedangkan Jumlah Pembelian Yang Dilakukannya Ke Koperasi Sebesar Rp8.400.000,00, Maka Hitunglah Jumlah SHU Yang Diterima Melani! [Soal “Lembar Aktivitas 8 : Menghitung SHU” Hal. 30-31 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Koperasi “Maju Terus” Memiliki SHU Sebesar Rp80.000.000,00. Pembagian SHU Ditetapkan Sebagai Berikut: • Jasa Modal 20% • Jasa Penjualan 50% • Jasa Pengurus 10% • Jasa Pendidikan 5% • Dana Cadangan 15%. Modal Simpanan Koperasi Sebesar Rp100.000.000,00 Dengan Total Penjualan Dalam Setahun Rp200.000.000,00. Jika Khairul Memiliki Simpanan Sebesar Rp10.000.000,00 Dan Telah Melakukan Pembelian Sebesar Rp20.000.000,00. Hitunglah Besarnya SHU Yang Diterima Khairul! [Soal “Lembar Aktivitas 8 : Menghitung SHU” Hal. 30-31 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Masalah Ekonomi Terbilang Sangat Kompleks, Sehingga Untuk Mengatasinya Perlu Menggunakan Berbagai Macam Kebijakan Yang Terjadi Lintas Sektoral. Pernyataan Berikut Ini Yang Tepat Dalam Mengatasi Masalah Deflasi Dengan Menerapkan Kebijakan Moneter Adalah…. [Soal Asesmen Hal. 190-191 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Mengapa Dalam Teori Penawaran Uang Modern, Lembaga Keuangan Ikut Menentukan Jumlah Uang Beredar? Jelaskan Menurut Pendapatmu! [Soal Asesmen Hal. 153 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Mengapa Indeks Harga Konsumen Dijadikan Sebagai Indikator Perhitungan Inflasi? [Soal Asesmen Hal. 153 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Mengapa Inflasi Dapat Mengurangi Kesejahteraan Hidup Individu Maupun Masyarakat Di Suatu Negara? [Soal Asesmen Hal. 153 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Mengapa Pendapatan Nasional Bermanfaat Untuk Menjadi Pedoman Dalam Merumuskan Kebijakan Pemerintah! [Soal Asesmen Hal. 80-81 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Mengapa Upah Di Setiap Daerah Di Indonesia Berbeda-Beda? Jelaskan Dengan Menggunakan Konsep Ketenagakerjaan Dan Pengupahan Yang Sudah Kalian Pelajari! [Soal Asesmen Hal. 111 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Negara Yang Memiliki Pendapatan Nasional Yang Tinggi Dan Meningkat Dari Tahun Ke Tahun Merupakan Negara Yang Makmur Dan Sejahtera. Setujukah Anda Dengan Pernyataan Tersebut? Kemukakan Alasannya! [Soal Asesmen Hal. 80-81 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- PDB 1.725 Penyusutan 100 Pajak Langsung 320 Pajak Tidak Langsung 90 Pendapatan Masyarakat Indonesia Di Luar Negeri 110 Pendapatan Warga Negara Asing Di Indonesia 135 Transfer Payment 160 Iuran Asuransi 55 Jaminan Sosial 40 Laba Ditahan 20 Hitunglah : A. PNB B. PNN C. PN D. PP E. PD. [Soal “Lembar Aktivitas 5 : Menghitung Pendapatan Nasional” Hal. 61 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Perhatikan Data Berikut! Upah Rp25.000.000,00 Laba Rp11.000.000,00 Pengeluaran Pemerintah Rp6.000.000,00 Pendapatan Bunga Rp2.000.000,00 Investasi Rp46.000.000,00 Impor Rp4.500.000,00 Ekspor Rp6.000.000,00 Konsumsi Rp18.000.000,00 Besarnya Pendapatan Nasional Dengan Pendekatan Pengeluaran Adalah .... [Soal “Lembar Aktivitas 3 : Menghitung Pendapatan Nasional (PDB)” Hal. 56-57 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Perhatikan Kurva Keseimbangan Tenaga Kerja Berikut Ini ! S = Labour Supply (Penawaran Tenaga Kerja) D = Labour Demand (Permintaan Tenaga Kerja). 1) Berada Di Titik Manakah Ketika Pengangguran Terjadi? 2) Berada Di Titik Manakah Saat Terjadi Kelebihan Permintaan Tenaga Kerja? 3) Jelaskan Hubungan Upah Dengan Jumlah Tenaga Kerja Dalam Permintaan Dan Penawaran Tenaga Kerja? [Soal “Pengayaan” Hal. 111 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Perhatikan Tabel Pendapatan Di Beberapa Negara: Berdasarkan Tabel Tersebut, Urutan Negara Dengan Pendapatan Per Kapita Tertinggi Hingga Terendah Adalah. [Soal Asesmen Hal. 80-81 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Salah Satu Tujuan Kebijakan Fiskal Adalah Menjaga Stabilitas Harga. Bagaimana Cara Pemerintah Dalam Menjaga Stabilitas Harga Tersebut? Jelaskan! [Soal Asesmen Hal. 191 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Sebagian Data Keuangan Koperasi Karimun Indah Terdapat Simpanan Anggota Sebesar Rp35.000.000,00 Dan Total Penjualan Sebesar Rp20.000.000,00. SHU Untuk Jasa Anggota Sebesar Rp10.000.000,00 Dan SHU Untuk Modal Sebesar Rp6.000.000,00. Nadia Merupakan Salah Satu Anggota Koperasi Tersebut. Simpanan Nadia Di Koperasi Sebesar Rp2.450.000,00. Jika Nadia Tidak Pernah Berbelanja Di Koperasi, Hitunglah Besarnya SHU Yang Diterima Nadia! [Soal “Lembar Aktivitas 8 : Menghitung SHU” Hal. 30-31 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Sebelum Menjalankan Usaha, Perlu Dibuat Rancangan Dan Persiapan Yang Matang Agar Usaha Dapat Berjalan Sesuai Dengan Yang Diharapkan. Jelaskan Hal Apa Yang Paling Harus Diperhatikan Dalam Merancang Suatu Usaha! [Soal Asesmen Hal. 45 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Suatu Negara Memiliki Data Perhitungan Pendapatan Nasional (Dalam Ribuan Rupiah) Sebagai Berikut: Gaji Karyawan Rp22.000.000,00 Konsumsi Masyarakat Rp27.000.000,00 Laba Usaha Rp9.500.000,00 Sewa Tanah Rp19.800.000,00 Konsumsi Pemerintah Rp70.500.000,00 Investasi Rp57.000.000,00 Bunga Modal Rp29.200.000,00 Hasil Tambang Rp64.000.000,00 Ekspor Rp24.500.000,00 Impor Rp27.000.000,00. Besarnya Pendapatan Nasional Dengan Menggunakan Pendekatan Pendapatan (Dalam Ribuan Rupiah) Adalah .... [Soal “Lembar Aktivitas 3 : Menghitung Pendapatan Nasional (PDB)” Hal. 56-57 Ekonomi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- 1. Air Sebanyak 2 Liter Dengan Suhu Mula-Mula 20°C Dicampurkan Ke Dalam Air Sebanyak 3 Liter Dengan Suhu Mula-Mula 80°C. Tentukan Suhu Akhir Campuran Tersebut! 2. Suatu Wadah Berisikan Air Sebanyak 100 Gram Dengan Suhu 40°C. Kemudian Besi Panas Bermassa 400 gr Dan Bersuhu 70°C Dimasukkan Ke Dalam Air Tersebut. Tentukan Suhu Campuran Jika Wadah Diabaikan Dalam Penyerapan Kalornya! [Soal “Cek Pemahaman” Hal. 160 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- 1. Berapa Kalor Yang Dibutuhkan Agar Es Bermassa 500 Gram Bersuhu -4°C Menjadi Uap Bersuhu 100°C? Data Kalor Jenis, Kalor Lebur Dan Kalor Uap Laten Dapat Dilihat Pada Tabel 6.1 Dan 6.2. 2. Sejumlah Air Dengan Suhu 30°C Diberikan Pada Es Bermassa 100 Gram Dengan Suhu -5°C. Jika Hanya 50% Es Yang Mencair Berapa Massa Air Yang Dicampurkan? [Soal “Cek Pemahaman” Hal. 162 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- 1. Sebatang Logam Besi Bermassa 0,5 kg Diberikan Kalor Sebanyak 900 Joule. Jika Suhu Mula-Mula Besi Tersebut Adalah 25°C, Tentukan Suhu Akhir Logam Besi Tersebut! C besi = 450 J/kg°C 2. Jelaskan Pengaruh Massa Dan Perubahan Suhu Pada Kalor Yang Diperlukan Berdasarkan Pemahaman Konsep Suhu Sebagai Ukuran EK Rata-Rata Partikel! [Soal “Cek Pemahaman” Hal. 158 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- 1. Tentukan Apakah Proses Bersifat Spontan Atau Tidak. Perpindahan Panas Terjadi Secara Lambat Dari Teh Panas Bersuhu 60° Terhadap Lingkungan Bersuhu 28°. Kalor Yang Berperan Adalah Sebesar 10 J. 2. Tepatkah Jika Dikatakan Bahwa Untuk Proses Reversibel Perubahan Entropi Adalah Nol? Jelaskan. [Soal “Ayo Berdiskusi” Hal. 195 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- 1. Volume Udara Dalam Suatu Pernafasan Normal Adalah 0,5 L. Suhu Di Balige Adalah 23°C Dan Tekanan Udara Sebesar 1 atm. Berapa Banyak Udara Yang Dihirup Ketika Bernafas Jika Diasumsikan Udara Merupakan Gas Ideal? [Soal Asesmen Hal. 205-206 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- 2. Tubuh Manusia Bekerja Seperti Mesin Kalor Karena Mengubah Energi Kimia Menjadi Energi Termal/Panas Yang Kemudian Digunakan Untuk Melakukan Usaha. Efisiensi Tubuh Manusia Adalah 25%. Seorang Siswa Bermassa 50 kg Naik Tangga Ke Lantai 3 Suatu Kantor Dengan Ketinggian 12 m Dari Lantai Dasar. A. Tentukan Usaha Yang Harus Dilakukan Oleh Siswa Tersebut Untuk Berpindah Dari Lantai Dasar Ke Lantai 3. B. Berapa Banyak Energi Kimia Yang Diperlukan Oleh Siswa Untuk Berpindah Dari Lantai Dasar Ke Lantai 3? C. Berapa Banyak Panas Yang Dilepaskan Oleh Metabolisme Tubuh Siswa? D. Jika Siswa Menggunakan Lift Bermassa 1200 kg Dengan Efisiensi 90% Berapa Energi Listrik Yang Digunakan Oleh Lift Dengan Asumsi Hanya Siswa Tersebut Yang Berada Dalam Lift? E. Bandingkanlah Jawaban (B) Dan (D) Dan Tariklah Kesimpulan. [Soal Asesmen Hal. 205-206 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- 3. Perhatikan Grafik Di Bawah Ini Yang Menunjukkan Hubungan Antara Tekanan Saturasi Dan Suhu Saturasi Dari Air. A. Apa Yang Dimaksud Dengan Suhu Dan Tekanan Saturasi? B. Gunakan Grafik Tersebut Untuk Menjelaskan Cara Kerja Pressure Cooker. C. Carilah Data Untuk Menujukkan Lama Memasak 1 kg Daging Sapi Dan 1 kg Ayam Dengan Menggunakan Panci Biasa Dan Dengan Menggunakan Pressure Cooker. [Soal Asesmen Hal. 205-206 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- 4. Apa Hubungan Ausnya Organ-Organ Tubuh Manusia Dengan Proses Ireversibel Dan Perubahan Entropi? 5. Perhatikan Diagram p-V Di Bawah Ini. Tentukan Usaha Yang Dilakukan Oleh Gas. [Soal Asesmen Hal. 205-206 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Dua Buah Logam Berbentuk Balok Dengan Ukuran Dan Suhu Yang Sama Yaitu 8 cm × 8 cm × 0,5 cm. Logam Yang Pertama Terbuat Dari Perak Dan Logam Yang Kedua Terbuat Dari Besi Dengan Beberapa Data Sebagai Berikut. Jika Masing-Masing Logam Tersebut Diletakkan Sepotong Es Batu Yang Memiliki Massa Dan Suhu Yang Sama Di Atas Luasan 8 cm × 8 cm, Jelaskan Es Batu Pada Logam Mana Yang Akan Lebih Cepat Mencair! Berikan Argumentasimu Melalui Analisis Data Pada Tabel Yang Diberikan! [Soal Asesmen Hal. 171-172 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Sebatang Logam Timbal Dengan Panjang Mula-Mula 1,5 Meter Dinaikan Suhunya Dari 10°C Menjadi 30°C. Koefisien Muai Panjang Timbal Adalah 29 × 10⁻⁶ /°C. Tentukan Panjang Timbal Itu Sekarang! [Soal “Ayo Cermati” Hal. 164 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Sebuah Eksperimen Menggunakan Dua Celah Seperti Yang Ditunjukkan Oleh Gambar 5.15. Pada Eksperimen, Frekuensi Yang Digunakan Untuk Membuat Riakan Adalah Tetap, Yaitu 20 Hz.Anggap Gelombang Pertama Mengikuti Hukum Kuadrat Terbalik Dengan Celah Pertama Sebagai Titik Sumber Gelombang. Tentukan Perbandingan Intensitas Dari Titik X:Y. A. Anggap Amplitudo Yang Terbentuk Pada Gelombang Dari Celah Kedua Selalu Sama, Yaitu A. Tentukan Simpangan Gelombang Di Titik P Dan Titik Q. B. Tentukan Cepat Rambat Gelombang Dari Kedua Gelombang Pada Celah Kedua. [Soal “Cek Pemahaman” Hal. 126 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Sebuah Jendela Kaca Di Desain Dengan Bentuk Seperti Gambar Di Samping. Apabila Konduktivitas Termal Kaca Dan Udara Masing-Masing Adalah 0,7 w/mK Dan 0,03 w/mK. Apabila Suhu Di Dalam Adalah 17° Dan Di Luar Adalah 30°C. Tentukan Suhu Kaca Yang Bersentuhan Dengan Udara Di Dalam Jendela (Abaikan Perpindahan Kalor Karena Konveksi Dan Anggaplah Ketebalan Kaca Kiri Sama Dengan Ketebalan Kaca Kanan Serta Ketebalan Udara Adalah Dua Kali Ketebalan Salah Satu Kaca). [Soal Asesmen Hal. 171-172 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Sebuah Sistem Pendingin Di Dalam Sebuah Mobil Terdiri Atas Sistem Tertutup Yang Menyerap Panas Dari Motor Dan Sebuah Radiator Kemudian Memindahkan Panas Tersebut Ke Lingkungan. Berikut Tabel Untuk Menguji Keefektifan Dari Tiga Sistem Pendingin. Dari Data Di Atas, Pendingin Manakah Yang Lebih Efektif? Berikan Alasan Kenapa Dua Pendingin Lain Tidak Cocok Untuk Dijadikan Sebagai Pendingin. [Soal Asesmen Hal. 171-172 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Seorang Anak Memainkan Piano Dengan Frekuensi 440 Hz Dan Anak Yang Lain Memainkan Gitar Dengan Frekuensi 330 Hz. Berapa Ketukan Per Detikkah Yang Akan Didengar? [Soal “Cek Pemahaman” Hal. 135 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Suatu Gas Dimapatkan Pada Tekanan Tetap 1,0 atm Dari 9 liter Menjadi 2 liter. Dalam Proses Tersebut Kalor Sebesar 400 J Meninggalkan Gas. Berapa Usaha Yang Dilakukan Pada Gas? Berapa Perubahan Energi Dalam Gas? [Soal “Cek Pemahaman” Hal. 192 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Suatu Gelombang Dinyatakan Dengan Persamaan : y = 2sinθ , Di Mana Sudut Fase Gelombang Dinyatakan Dengan θ = 2π (0,5t − 0,2x) (x Dalam m Dan t Dalam Sekon) Tentukan : A. Fase Pada x = 5 m Dan t = 4 Sekon, B. Beda Fase Pada x = 3 m Dan 3,5 m, C. Cepat Rambat Gelombang. [Soal “Cek Pemahaman” Hal. 122 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Suatu Pressurizer Mempunyai Gas Nitrogen Sebanyak 10,0 m³ Pada Suhu 27°C Dan Tekanan 15 atm. Suhu Sistem Dinaikkan Hingga Menjadi 37°C Dan Volume Dikurangi Menjadi 8,0 m³. Berapa Tekanan Akhir Gas Jika Diasumsikan Gas Nitrogen Berkelakuan Sebagai Gas Ideal? [Soal “Cek Pemahaman” Hal. 182 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Suatu Sistem Memperoleh Kalor Sebesar 30.000 J Dan Mendapatkan Usaha Sebesar 20.000 J. Berapa Perubahan Energi Dalam? [Soal “Ayo Cermati” Hal. 190 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Tiga Buah Cairan A, B, Dan C Dengan Tiga Proses Pencampuran Berbeda, Yaitu Cairan A Dengan Cairan B, Cairan A Dengan Cairan C, Dan Cairan B Dengan Cairan C. Berikut Tabel Data Dari Proses Pencampuran Tersebut. Menurut Kalian, Berapakah Suhu Akhir Campuran Cairan B Dengan Cairan C? Berikan Argumentasi Kalian Dalam Bentuk Perhitungan Yang Sistematis! [Soal Asesmen Hal. 171-172 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Wadah Kosong Yang Terbuat Dari Logam Tembaga Pada Suhu 25 °C Dengan Volume 60 Liter Diisikan Bensin Sampai Penuh. Pada Suhu 55 °C, Apakah Cairan Bensin Akan Tumpah Keluar Dari Wadah Tersebut? Jika Cairan Bensin Tumpah, Berapa Volume Bensin Yang Akan Tumpah Tersebut? Data Koefisien Muai Untuk Logam Tembaga Dan Cairan Bensin Dapat Dilihat Pada Tabel 6.3. [Soal Asesmen Hal. 171-172 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
- Apa Sajakah Tugas Nabi Dan Rasul Itu? Jelaskan! [Soal “Rajin Berlatih” Hal. 186 - 190 PAI SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Apakah Pengertian Amanah Dan Jujur? Jelaskan! [Soal “Rajin Berlatih” Hal. 76 - 79 PAI SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka] - New !!
- Bagaimana Perkembangan Ilmu Pengetahuan Umum Pada Masa Abbasiyah? Bagaimanakah Kontribusinya Terhadap Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Modern? [Soal “Rajin Berlatih” Hal. 270 - 273 PAI SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Bagaimanakah Kontribusi Nilai-Nilai Kemanusiaan Pada Masa Bani Abbasiyah Terhadap Demokrasi Di Era Modern? [Soal “Rajin Berlatih” Hal. 270 - 273 PAI SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Bani Abbas Berhasil Mengembangkan Daulah Abbasiyah Setelah Berhasil Merebut Kekuasaan Dari Daulah Umayah. Mengapa Mereka Melakukan Hal Itu? [Soal “Rajin Berlatih” Hal. 131 - 135 PAI SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka] - New !!
- Berikut Ini Contoh Perilaku Amanah Kepada Diri Sendiri Adalah .... [Soal “Rajin Berlatih” Hal. 76 - 79 PAI SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka] - New !!
- Buatlah Masing-Masing Dua Contoh Amanah Kepada Allah Swt, Sesama, Dan Diri Sendiri Dalam Kehidupan Sehari-Hari! [Soal “Rajin Berlatih” Hal. 76 - 79 PAI SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka] - New !!
- Daulah Abbasiyah Berhasil Mengembangkan Bayt Al-Ḥikmah Sebagai Pusat Ilmu Pengetahuan Dunia. Faktor-Faktor Apa Sajakah Yang Menyebabkan Keberhasilan Itu? [Soal “Rajin Berlatih” Hal. 131 - 135 PAI SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka] - New !!
- Daulah Abbasiyah Berhasil Mengembangkan Kota Baghdad Sebagai Pusat Peradaban Dunia. Bagaimana Cara Mereka Melakukannya? [Soal “Rajin Berlatih” Hal. 131 - 135 PAI SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka] - New !!
- Di Balik Keberhasilan Daulah Abbasiyah Mencapai Masa Keemasan, Terdapat Keharmonisan Intelektual Antar Umat Beragama. Bagaimanakah Gambaran Keharmonisan Tersebut? [Soal “Rajin Berlatih” Hal. 131 - 135 PAI SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka] - New !!
- Generasi Digital Memiliki Aktivitas Yang Berhubungan Dengan Internet Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Bagaimana Peran Iman Kepada Para Nabi Dan Rasul Terhadap Aktivitas Generasi Digital Tersebut? [Soal “Rajin Berlatih” Hal. 186 - 190 PAI SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Manfaat Apa Saja Yang Bisa Didapatkan Oleh Seseorang Yang Berperilaku Amanah Dan Jujur? Sebutkan Tiga Manfaat Beserta Contohnya! [Soal “Rajin Berlatih” Hal. 76 - 79 PAI SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka] - New !!
- Mengapa Allah Swt. Memberikan Mukjizat Kepada Para Nabi Dan Rasul? Jelaskan! [Soal “Rajin Berlatih” Hal. 186 - 190 PAI SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Perhatikan Ilustrasi Berikut! Yadi Membeli Seragam Sekolah Dari Sebuah Toko. Sesampainya Di Rumah Ternyata Yadi Menemukan Ada Jahitan Yang Tidak Sempurna Di Bagian Ketiak Baju, Sehingga Tampak Berlubang. Bagaimanakah Fikih Muamalah Menyelesaikan Persoalan Ini? [Soal “Rajin Berlatih” Hal. 243 - 247 PAI SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Perhatikan Narasi Berikut! Akad Dalam Transaksi Jual Beli Dan Hutang Piutang Memiliki Fungsi Untuk Memperjelas Kesepakatan Antara Dua Belah Pihak Yang Saling Bertransaksi. Jelaskan Hikmah Adanya Akad Dalam Transaksi Tersebut! [Soal “Rajin Berlatih” Hal. 243 - 247 PAI SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Perhatikan Narasi Berikut! Di Akhirat Kelak Akan Diketahui Siapa Yang Benar-Benar Mengikuti Nabi Dan Rasul Serta Siapa Yang Hanya Mengaku Mengikuti Nabi Dan Rasul Tapi Amal Perbuatannya Mendurhakai Mereka. Ini Terkait Dengan Salah Satu Tugas Nabi Dan Rasul. Tugas Nabi Dan Rasul Yang Dimaksud Pada Narasi Tersebut Adalah .... [Soal “Rajin Berlatih” Hal. 186 - 190 PAI SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Perhatikan Narasi Berikut! Di Dalam Bahasa Indonesia, Kata Hutang Piutang Digunakan Secara Luas. Sedangkan Di Dalam Bahasa Arab Ada Hutang Piutang Dayn Dan Qarḍ . Apakah Perbedaan Dua Istilah Tersebut? [Soal “Rajin Berlatih” Hal. 243 - 247 PAI SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Perhatikan Narasi Berikut! Ia Adalah Seorang Ilmuwan Pada Masa Dinasti Abbasiyah. Ia Dikenal Sebagai Seorang Dokter. Karya Bukunya Yang Berjudul “al-Qānūn fi al-Ṭibb” Dijadikan Sebagai Teori Dasar Kedokteran Yang Dipelajari Oleh Mahasiswa Kedokteran Di Seluruh Dunia. Sosok Yang Dimaksudkan Pada Narasi Adalah .... [Soal “Rajin Berlatih” Hal. 270 - 273 PAI SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Perhatikan Narasi Berikut! Manusia Membutuhkan Interaksi Antara Satu Dengan Yang Lain Untuk Memenuhi Kebutuhan Hidup Sehari-Hari. Dari Interaksi Ini Terjadilah Transaksi Tukar Menukar, Sewa Menyewa, Pinjam Meminjam, Jual Beli, Dan Lain Sebagainya. Islam Kemudian Mengatur Berbagai Transaksi Itu Dalam Fikih Muamalah. Mengapa Transaksi-Transaksi Itu Perlu Diatur Dalam Fikih Muamalah? [Soal “Rajin Berlatih” Hal. 243 - 247 PAI SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Perhatikan Pernyataan Berikut! (1) Ada Penjual Dan Pembeli (2) Ada Obyek Yang Dijual Belikan (3) Ada Akad Ijab Kabul (4) Ada Waktu Untuk Memilih Meneruskan Atau Membatalkan. Rukun Jual Beli Ditunjukkan Oleh Nomor .... [Soal “Rajin Berlatih” Hal. 243 - 247 PAI SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Seiring Dengan Pertambahan Jumlah Penduduk, Kebutuhan Terhadap Sumber Makan Juga Bertambah. Karena Itulah Masyarakat Menggunakan Teknologi Mesin Untuk Meningkatkan Produksi Dan Distribusi Bahan Makanan. Namun Mesin Yang Memerlukan Bahan Bakar Fosil Menyebabkan Produksi Emisi Karbon Meningkat Sehingga Menyebabkan Polusi Udara. Bagaimana Pendapatmu Terhadap Persoalan Ini? Bagaimana Caranya Agar Kebutuhan Sumber Makanan Terpenuhi Tanpa Menimbulkan Polusi? [Soal “Rajin Berlatih” Hal. 23 - 26 PAI SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka] - New !!
- Seni Apa Sajakah Yang Berkembang Pada Masa Bani Abbasiyah? Bagaimana Kontribusinya Terhadap Kesenian Di Era Modern? [Soal “Rajin Berlatih” Hal. 270 - 273 PAI SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka]
- Sikap Amanah Dan Jujur Tidak Tumbuh Begitu Saja Dalam Diri Seseorang, Melainkan Suatu Sifat Yang Harus Ditumbuhkan. Bagaimana Cara Mengembangkan Sifat-Sifat Tersebut Dalam Diri Seseorang? [Soal “Rajin Berlatih” Hal. 76 - 79 PAI SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka] - New !!
Sitemap